TUNTUNAN SHALAT DLUHA

SHALAT DLUHA

 

A. Pengertian shalat dhuha

Shalat dluha adalah salah satu shalat sunnat ini dikerjakan pada waktu dluha, dinamakan shalat dluha berarti menamakan sesuatu dengan mengaitkan pada waktu. Waktu dluha yakni awal siang, rentang waktunya setelah matahari terbit sekira setinggi tombak hingga matahari meninggi sebelum tergelincir. Waktu paling afdhal untuk mengerjakan shalat dluha adalah pada waktu matahari sudah meninggi dan panasnya sudah menyengat:

((خرَجَ رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ على أهلِ قُباءٍ، وهم يُصلُّونَ الضُّحى، فقال: صلاةُ الأوَّابِين إذا رَمِضَتِ الفصالُ من الضُّحَى)) مسلم

Rasulullah saw keluar menuju perkampungan penduduk Quba, sedang mereka lagi mengerjakan shalat dhuha, kemudian Rasulullah mengatakan: shalat dluha waktunya jika anak unta merasa kepanasan di waktu dhuha”.

B. Hukum Shalat Dluha

Sholat dluha hukumnya sunnah/mustahab/dianjurkan. Berdasar hadits – hadist berikut ini.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. رواه مسلم

Dari Abu Dzarr dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: “bahwa wajib dari setiap persendian dari kalian ada sedekahnya, maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma’ruf nahyi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan dua rakaat dhuha.” HR. Muslim

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ. رواه مسلم

Dari ‘Aisyah katanya; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melakukan shalat dhuha sebanyak empat rakaat, dan terkadang beliau menambah sekehendak Allah.”. HR. Muslim.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : (أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ : صَوْمِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ) . رواه البخاري و مسلم ( وَفِي لَفْظٍ لِأَحْمَدَ وَمُسْلِمٍ: «وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى كُلَّ يَوْمٍ» )

dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata: “Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) telah berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak akan pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal dunia, yaitu shaum tiga hari pada setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah shalat witir”. HR. Bukhari Muslim. (dan dalam redaksi riwayat Ahmad dan Muslim berbunyi: dan dua rakaat dluha setiap hari).

C. Batasan Rakaat Shalat Dluha:

Shalat dluha paling sedikit dikerjakan dua (2) rakaat, berdasar hadits yang telah disebutkan di atas.

1. … وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. رواه مسلم

2. … وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى كُلَّ يَوْمٍ. رواه أَحْمَدُ وَمُسْلِمٌ

Rakaat shalat dluha berdasarkan yang dilaksanakan Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam paling banyak depalan (8) rakaat dan berdasar ucapan Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam paling banyak dua belas (12) rakaat.

غَيْرُ أُمِّ هَانِئٍ فَإِنَّهَا قَالَتْ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ بَيْتَهَا يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ فَاغْتَسَلَ وَصَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ فَلَمْ أَرَ صَلَاةً قَطُّ أَخَفَّ مِنْهَا غَيْرَ أَنَّهُ يُتِمُّ الرُّكُوعَ وَالسُّجُودَ. البخاري ومسلم

Hanya saja Ummu Hani’ yang dia menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memasuki rumahnya pada saat penaklukan Makkah, kemudian Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mandi lalu shalat delapan raka’at” seraya menjelaskan: “Aku belum pernah sekalipun melihat Beliau melaksanakan shalat yang lebih ringan dari pada saat itu, namun Beliau tetap menyempurnakan ruku’ dan sujudnya”. HR Bukhari Muslim).

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الضُّحَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا مِنْ ذَهَبٍ فِي الْجَنَّةِ. رواه التِّرْمِذِيِّ وَابْنِ مَاجَهْ.

Hadits Anas ini dinilai dla’if oleh imam Nawawi. tetapi Al Hafidz Ibn Hajar mengatakan: akan tetapi jika hadits Anas riwayat At Tirmidzi dan Ibn Majah digabung dengan hadits Abu Darda riwayat At Thabrani dan hadits Abu Dzar riwayat Al Bazzar bisa menjadi kuat dan dapat dipergunakan sebagai landasan hukum terlebih lagi dalam hadits Anas tersebut tidak ada sanadnya yang dinilai mutlak lemah.

قَالَ الْحَافِظُ: لَكِنْ إذَا ضُمَّ حَدِيثُ أَبِي ذَرٍّ وَأَبِي الدَّرْدَاءِ إلَى حَدِيثَ أَنَسٍ قَوِيَ وَصَلُحَ لِلِاحْتِجَاجِ، وَقَالَ أَيْضًا: إنَّ حَدِيثَ أَنَسٍ لَيْسَ فِي إسْنَادِهِ مَنْ أُطْلِقَ عَلَيْهِ الضَّعْفُ (نيل الأوطار ج: 3 ص. 77 )

Jumlah Rakaat Shalat Dluha Tidak Terbatas.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ. رواه مسلم

Dari ‘Aisyah katanya; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melakukan shalat dhuha sebanyak empat rakaat, dan terkadang beliau menambah sekehendak Allah.”. HR. Muslim.

Sebagian ulama mengatakan tidak ada batasan banyaknya rakaat dhuha, seperti dikatakan oleh Abu Jakfar At Thabari, dan juga dari beberapa ulama madzhab Syafi’iyah diantaranya Al Halimi dan Ar Ruyani, mereka mengatakan bahwa tidak ada batasan banyaknya rakaat shalat dluha.

وَقَدْ ذَهَبَ قَوْمٌ مِنْهُمْ أَبُو جَعْفَرٍ الطَّبَرِيُّ وَبِهِ جَزَمَ الْحَلِيمِيُّ وَالرُّويَانِيُّ مِنْ الشَّافِعِيَّةِ إلَى أَنَّهُ لَا حَدّ لِأَكْثَرِهَا (نيل الأوطار ج: 3 ص. 77 )

Al ‘Iraqi dalam Syarah At Tirmidzi mengatakan: aku tidak melihat salah seorangpun dari kalangan shahabat dan tabi’in yang membatasi jumlah rakaat shalat dluha menjadi 12 rakaat, demikian pula yang dikatakan oleh As Suyuthi.

قَالَ الْعِرَاقِيُّ فِي شَرْحِ التِّرْمِذِيِّ: لَمْ أَرَ عَنْ أَحَدٍ مِنْ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ أَنَّهُ حَصَرَهَا فِي اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً، وَكَذَا قَالَ السُّيُوطِيّ. (نيل الأوطار ج: 3 ص. 77 )

D. Waktu :

1. Awal dan akhir waktu shalat

وصلاة الضحى يبتدئ وقتها -كما تقدم معنا- من ارتفاع الشمس قيد رمح إلى الضحى، والضحى يمتد إلى ما قبل الزوال (شرح زاد المستقنع: محمد بن محمد المختار الشنقيطي ج: 55 ص: 3)

Shalat dhuha dilakukan semenjak matahari terbit hingga beberapa saat sebelum matahari tergelincir ke arah barat yang menandakan telah masuk waktu dhuhur. (Syarh Zaadul Mustaqni’: Muhammad Ibn Muhammad Al Mukhtar Asy Syinqiti)

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَوْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ آخِرَهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Dari Abu Darda’ atau Abu Dzar dari Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam dari Allah Azza Wa Jalla, Dia berfirman: “Wahai anak Adam, ruku’lah kamu kepadaku dipermulaan siang sebanyak empat raka’at, niscaya Aku akan mencukupkan kebutuhanmu hingga akhir siang.” Abu Isa berkata, ini adalah hadits hasan gharib.

وَقَدْ اُخْتُلِفَ فِي وَقْتِ دُخُولِ الضُّحَى، فَرَوَى النَّوَوِيُّ فِي الرَّوْضَةِ، عَنْ أَصْحَابِ الشَّافِعِيِّ أَنَّ وَقْتَ الضُّحَى يَدْخُلُ بِطُلُوعِ الشَّمْسِ وَلَكِنْ تُسْتَحَبُّ تَأْخِيرُهَا إلَى ارْتِفَاعِ الشَّمْسِ. وَذَهَبَ الْبَعْضُ مِنْهُمْ إلَى أَنَّ وَقْتَهَا يَدْخُلُ مِنْ الِارْتِفَاعِ، وَبِهِ جَزَمَ الرَّافِعِيُّ وَابْنُ الرِّفْعَةِ

Imam Nawawi dalam “Ar Rawdlah” mengatakan beberapa ulama dari shahabat – shahabat imam Syafi’i bahwa mulai masuk waktu shalat dluha dengan terbitnya matahari, tetapi dianjurkan mengakhirkan mengerjakan shalat dlhuha hingga matahari meninggi .

2. Waktu afdhal:

Waktu yang dianjurkan untuk mengerjakan shalat dluha adalah ketika matahari sudah meninggi yang ditandai dengan keadaan saat anak unta merasakan panas sinar matahari, sebagaimana hadits berikut ini:

(وَعَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ: «خَرَجَ النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – عَلَى أَهْلِ قُبَاءَ وَهُمْ يُصَلُّونَ الضُّحَى، فَقَالَ: صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إذَا رَمِضَتْ الْفِصَالُ مِنْ الضُّحَى» رَوَاهُ أَحْمَدُ وَمُسْلِمٌ)

E. Tata caranya:

Apabila shalat dluha dikerjakan lebih dari dua rakaat, maka dikerjakan dua rakaat, dua rakaat dan seterusnya dengan memisahkan setiap dua rakaat dengan salam.

يَفْصِلُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ بِالتَّسْلِيمِ عَلَى الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ وَالنَّبِيِّينَ وَمَنْ يَتْبَعُهُمْ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُؤْمِنِينَ» رَوَاهُ الْخَمْسَةُ إلَّا أَبَا دَاوُد) . الْحَدِيثُ حَسَّنَهُ التِّرْمِذِيُّ وَأَسَانِيدُهُ ثِقَاتٌ

” beliau memisah di antara dua rakaat dengan salam terhadap para malaikat yang mereka itu begitu dekat dengan Allah, dan terhadap para nabi serta orang-orang yang mengikuti mereka dari kaum muslimin dan mukminin” HR. Lima ahli hadits kecuali Abu Dawud. Hadits ini dinilai hasan oleh At Tirmidzi dan sanadnya tisqat/terpercaya.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى. رواه أحمد وأصحاب السنن.

dari Ibnu Umar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Shalat di malam dan siang hari itu dikerjakan dua-dua (raka’at).” HR. Ahmad dan Ashhabus sunan.

عَنْ أُمِّ هَانِئٍ: «أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – صَلَّى يَوْمَ الْفَتْحِ سُبْحَةَ الضُّحَى ثَمَانِ رَكَعَاتٍ يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ» رَواهُ أَبِو دَاوُد

Dari Umi Hani bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam pada waktu fathu Makkah shalat dluha delapan rakaat dengan bersalam antara tiap dua rakaat. HR Abu Dawud.

F. Berjama’ah Dalam Shalat Dhuha:

Syaikhul Islam Ibn Tamiyah berkata: shalat sunah/tathawwu’ secara berjama’ah ada dua macam:

صَلَاةُ التَّطَوُّعِ فِي جَمَاعَةٍ نَوْعَانِ: أَحَدُهُمَا: مَا تُسَنُّ لَهُ الْجَمَاعَةُ الرَّاتِبَةُ كَالْكُسُوفِ وَالِاسْتِسْقَاءِ وَقِيَامِ رَمَضَانَ، فَهَذَا يُفْعَلُ فِي الْجَمَاعَةِ دَائِمًا كَمَا مَضَتْ بِهِ السُّنَّةُ.

الثَّانِي: مَا لَا تُسَنُّ لَهُ الْجَمَاعَةُ الرَّاتِبَةُ: كَقِيَامِ اللَّيْلِ، وَالسُّنَنِ الرَّوَاتِبِ، وَصَلَاةِ الضُّحَى، وَتَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ وَنَحْوِ ذَلِكَ. فَهَذَا إذَا فُعِلَ جَمَاعَةً أَحْيَانًا جَازَ. (الفتاوى الكبرى لابن تيميمة)

1. shalat sunnah yang disunnahkan dikerjakan secara rutin berjama’ah . seperti shalat gerhana bulan/matahari. Sholat istisqa/meminta hujan dan shalat tarawih/qiyamur Ramadhan.

2. shalat sunat yang tidak disunnahkan untuk dikerjakan secara rutin berjama’ah. Seperti qiyamul lail/shalat malam. Shalat sunnah rawatib. Shalat dhuha, shalat tahiyatul masjid dan yang semisal ini. Namun shalat ini bila dilakukan secara berjama’ah hukumnya boleh, (Al Fatawa Al Kubra, Ibn Taimiyah juz: 2 hal: 238)

قال النووي رحمه الله في “المجموع” (3/548) : ” قد سبق أن النوافل لا تشرع الجماعة فيها إلا في العيدين والكسوفين والاستسقاء , وكذا التراويح والوتر بعدها ….

وأما باقي النوافل كالسنن الراتبة مع الفرائض والضحى والنوافل المطلقة فلا تشرع فيها الجماعة , أي لا تستحب , لكن لو صلاها جماعة جاز

 

Imam An Nawawi dalam “Al Majmu” mengatakan : bahwa shalat sunnah/nafilah tidak disyariatkan dikerjakan secara berjama’ah, kecuali shalat dua shalat ‘idul adlha dan idul fitri, shalat gerhana bulan dan matahari, shalat istisqa dan shalat tarawih serta witir.

Adapun shalat-shalat sunnat lainnya seperti shalat sunnah rawatib yang mengiringi shalat fardlu, shalat dhuha, shalat sunnah mutlak, maka tidak disyari’atkan untuk dilakukan secara berjama’ah yalni tidak dianjurkan (dikerjakan secara berjama’ah) tetapi kalau ada yang mengerjakan dengan berjama’ah maka hukumnya boleh.

Ada beberapa hadits riwayat al Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam shalat sunnah secara berjama’ah, misalnya hadits berikut ini:

عَنْ عِتْبَانَ بْنَ مَالِكٍ الْأَنْصارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ : “فَغَدَا عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ بَعْدَ مَا اشْتَدَّ النَّهَارُ فَاسْتَأْذَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَذِنْتُ لَهُ فَلَمْ يَجْلِسْ حَتَّى قَالَ أَيْنَ تُحِبُّ أَنْ أُصَلِّيَ مِنْ بَيْتِكَ فَأَشَرْتُ لَهُ إِلَى الْمَكَانِ الَّذِي أُحِبُّ أَنْ أُصَلِّيَ فِيهِ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَبَّرَ وَصَفَفْنَا وَرَاءَهُ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ وَسَلَّمْنَا. البخاري ومسلم

‘Itban bin Malik Al Anshariy radliallahu ‘anhu berkata: maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan Abu Bakar berangkat ketempatku ketika siang hari lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meminta izin, maka aku izinkan. Beliau tidaklah duduk hingga Beliau berkata: “Mana tempat yang kau sukai untuk aku shalat di rumahmu?” Maka Beliau aku tunjukkan tempat yang aku sukai untuk aku shalat disana. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri lalu bertakbir. Dan kami pun berdiri membuat shaf di belakang Beliau, lalu Beliau shalat dua raka’at kemudian memberi salam dan kami pun memberi salam ketika Beliau memberi salam. AL Bukhari dan Muslim.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِرَأْسِي مِنْ وَرَائِي فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ) رواه البخاري

dari Ibnu ‘Abbas berkata, “Pada suatu malam aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan aku berdiri di samping kirinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian memegang kepalaku dari arah belakangku, lalu menempatkan aku di sebelah kanannya. HR AL Bukhari.

Shalat sunnah dhuha tidak dianjurkan untuk mengerjakannya secara berjama’ah, tetapi kalau dikerjakan secara berjama’ah hukumnya boleh dilakukan.

G. Shalat Dhuha Dan Shalat Isyraq:

Shalat isyraq/shslat sunnah saat matahari telah terbit adalah merupakan shalat dhuha yang dikerjakan di awal waktu. Karena dalam definisi para ulama di atas, waktu dluha adalah sejak setelah terbit matahri hingga menjelang matahari tergelincir ke arah barat.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ رواه الترمذي

dari Anas bin Malik dia berkata, Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang shalat subuh berjama’ah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit yang dilanjutkan dengan shalat dua raka’at, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah.” dia (Anas radliallahu ‘anhu) berkata, Rasulullah bersabda: “Sempurna, sempurna, sempurna.” dia (Abu ‘Isa) berkata, ini adalah hadits hasan gharib,

وروى الطَّبَرَانِيّ من حَدِيث زيد بن أَرقم أَنه – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ – مر بِأَهْل قبَاء وهم يصلونَ الضُّحَى حِين أشرقت الشَّمْس فَقَالَ صَلَاة الْأَوَّابِينَ إِذا رمضت الفصال وَهَذَا يدل على جَوَاز صَلَاة الضُّحَى عِنْد الْإِشْرَاق لِأَنَّهُ لم ينههم عَن ذَلِك. ( عمدة القاري شرح صحيح البخاري )

At Thabrani meriwaytakan dari hadits Zaid ibn Arqam bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam melewati penduduk Quba’ mereka sedang melakukan shalat dluha ketika matahari telah terbit. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam mengatakan, shalat orang yang bertaubat (awabin) jika anak unta sudah merasakan panasnya sinar matahari. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam ini menunjukkkan kebolehan shalat dluha ketika isyraq/terbit matahari karena Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam tidak melarang mereka melakukannya. (‘Umdatul Qari syarh Shahih al Bukhari.

H. Keutamaannya:

1. Sebagai pengganti sedekah

1. عَنْ أَبِي ذَرٍّ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : ( يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى ) رواه مسلم

Dari Abu Dzarr dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: “bahwa wajib dari setiap persendian dari kalian ada sedekahnya, maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma’ruf nahyi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan dua rakaat dhuha.” HR. Muslim.

 

2. Amalan yang menjadi wasiat Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam kepada beberapa shahabatnya.

2. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : ( أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لا أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ : صَوْمِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ) .رواه البخاري ومسلم)

dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata: “Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) telah berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak akan pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal dunia, yaitu shaum tiga hari pada setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dengan shalat witir terlebih dahulu”.

3. Shalat dluha sebagai sebagai pelancar berkegiatan dan beramal hingga akhir siang.

3.
عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَوْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ آخِرَهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Dari Abu Darda’ atau Abu Dzar dari Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam dari Allah Azza Wa Jalla, Dia berfirman: “Wahai anak Adam, ruku’lah kamu kepadaku dipermulaan siang sebanyak empat raka’at, niscaya Aku akan mencukupkan kebutuhanmu hingga akhir siang.” Abu Isa berkata, ini adalah hadits hasan gharib.

4. Shalat dluha merupakan salah satu amalan yang senantiasa dikerjakan oleh orang-orang yang bertaubat

4 . وعن أبي هريرة رضي الله عنهـ قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:لا يحافظ على صلاة الضحى إلا أواب قال وهي صلاة الأوابين. رواه الطبراني وابن خزيمة في صحيحه ، وحسنه الألباني في “صحيح الترغيب والترهيب” (1/164) .

Dari Abu Hurairah RA, berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam bersabda:” tidaklah menjaga shalat dluha kecuali awwabin (orang-orang yang bertaubat) dia berkata: dan hal itu adalah shalat orang-orang yang bertaubat (awwabin). Hadits riwayat Ath Thabrani dan Ibn Khuzaimah dalam shahihnya. Dan dinilai hasan oleh al Albani dalam Shahih at Targhib wat Tarhib.

5. Shalat dluha setara haji dan umrah bila dilakukan dengan didahului shalat subuh berjama’ah kemudian duduk berdzikir hingga terbit matahari.

5) عن أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : ( مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ، ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ، كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ ، وَعُمْرَةٍ ، تَامَّةٍ ، تَامَّةٍ ، تَامَّةٍ) رواه الترمذي برقم (586) ، وحسنه الشيخ الألباني رحمه الله في “صحيح سنن الترمذي” .

dari Anas bin Malik dia berkata, Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang shalat subuh berjama’ah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit yang dilanjutkan dengan shalat dua raka’at, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah.” dia (Anas radliallahu ‘anhu) berkata, Rasulullah bersabda: “Sempurna, sempurna, sempurna.”.

I. Tentang Doa shalat dhuha

Tidak ada doa khusus dalam shalat dluha yang bersumber dari hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam.

Doa yang beredar di masyarakat bersumber dari dalam kitab Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj Wa Hawasyi Asy Syarwani wa al ‘Ibadi karya Ahmad bin Muhammad bin ‘Aly bin Hujr al Haitsami khususnya dalam Hasyiyah Syarwani oleh Al Imam Abdul Hamid Asy Syarwani, setelah shalat dluha berdoa dengan doa ini:

اللَّهُمَّ إنَّ الضَّحَاءَ ضَحَاؤُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُك، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُك، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُك، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِك وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ. (تحفة المحتاج في شرح المنهاج: أحمد بن محمد بن علي بن حجر الهيتمي حاشية الإمام عبد الحميد الشرواني)

Dalam kitab Al Mujalasah wa Jawahirul ‘Ilm karya Abu Bakar Ahmad bin Marwan Ad Dainuri Al Maliki menyebutkan, seorang wanita badui Arab mengucapkan :

عَنِ الأَصْمَعِيِّ؛ قَالَ: سَمِعْتُ أَعْرَابِيَّةً بِعَرَفَاتٍ وَهِيَ تَقُولُ: اللهُمَّ! إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ؛ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الأَرْضِ؛ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ نَائِيًا؛ فَقَرِّبْهُ، وَإِنْ كَانَ قَرِيبًا؛ فَيَسِّرْهُ.

Dari Al Ashma’i berkata: aku mendengar seorang wanita badui arab di Arafah yang mengucapkan,” ya Allah jika rizkiku di langit maka turunkahlah, dan jika di bumi maka keluarkanlah, dan jika jauh maka dekatkanlah. Dan jika dekat maka mudahkan.

Doa ini karena bukan berasal dari Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wa Sallam maka tidak boleh dipahami sebagai sabda beliau, dan tidak boleh dinisbatkan kepada beliau serta tidak bisa dijadikan hujjah bahwa setelah seseorang selesai mengerjakan shalat dluha dilanjutkan berdoa dengan doa tersebut.

Demikian, والله المستعان

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: