Pengembangan Penulisan Item Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Fiqih

Pengembangan Penulisan Item Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Fiqih

 

Diadaptasikan dari buku:

  1. Haladyna, Thomas M. Developing and validating multiple-choice test items , 3rd ed. Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers 10 Industrial Avenue Mahwah, New Jerse, 2004
  2. Haladyna, Thomas M and Downing , Steven M. Applied measurement in education, 2(1), 37-50, A Taxonomy of Multiple-Choice Item-Writing Rules. 1989

 

Pilihan Ganda (Multiple Choice) Konvensional: memiliki 3 vareasi:

  1. Format Kalimat Tanya
  2. Stem kalimat tidak lengkap (kalimat sebagiannya)
  3. Jawaban terbaik

Contoh ketiga vareasi dapat dilihat dibawah ini.

Ketiga vareasi ini memiliki tiga bagian:

  1. Stem
  2. Jawaban pilihan benar
  3. Alternatif jawaban pengecoh (distraktor)


 

 

 

 

 

 

 

 

Khusus untuk vareasi kedua yakni stem dengan format kalimat tidak lengkap, hendaknya menghindari penggunaan kata kosong di depan atau ditengah.

 

Pilihan Ganda Komplek

Pilihan Ganda Komplek adalah dimana peserta test memilih tiga pilihan yang dikelompokkan menjadi 4 (empat), dengan berbagai pertimbangan Haladyna memberikan perlawanan untuk penggunaan format Pilihan Ganda Komplek ini.

 

Format lainnya adalah reading comprehension, problem solving, pictoral

 

An naskh secara bahasa berarti (1. A. Penghapusan atau B. Membiarkan). Dalam an naskh ada empat unsur yaitu an naskh itu sendiri, an nasikh artinya (2.C. yang menghapus atau D. yang dihapus. E. Penghapusan), al mansukh dan hukum yang dinaskh. Contoh sabda Rasulullah kuntu nahaitukum ‘an ziraratil qubur ala fazuruha, al mansukh dari sabda rasulullah adalah (3.A. nahaitukum ‘an ziratil qubur atau B. Fazuruha). Adapun nasikhnya adalah (4.D……atau E……).

Format ini dapat juga untuk menguji hapalan dan kemampuan bacaan peserta didik. Dalam teks fiqih arab atau dalil qur’an dan hadits mengenai

Penulisan Stem

Haladyna menyarankan tiga (3) hal dalam penulisan stem:

  1. Bikin sejelas mungkin arah item soalnya

    Contoh yang jelek:

    Babi adalah hewan yang banyak dikonsumsi, apakah hukum yang terdapat pada hewan babi?

    Contoh itu dapat dikembangkan:

    apa hukum Islam mengkonsumsi hewan babi ?

  2. Buatlah stemnya sesingkat mungkin.

    Contoh stem yang kurang singkat:

    1. Ijtihad adalah mencurahkan semua kemampuan untuk mendapatkan suatu hukum syar’i yang amali dari dalil-dalilnya yang tafsiri. Fungsi dari ijtihad ini adalah…
    2. Orang-orang yang berkemampuan mengijtihadkan seluruh masalah syariat yang hasilnya diikuti dan dijadikan pedoman oleh orang-orang yang tidak sanggup berijtihat. Ijtihat yang mereka lakukan itu semata-mata hasil usahanya sendiri tanpa mencangkok dari pendapat orang lain. Orang-orang yang melakukan ijtihad semacam ini masuk dalam tingkatan…

    Contoh ini bisa disingkat:

    1. Manakah berikut ini yang merupakan fungsi ijtihad?
    2. Termasuk dalam tingkatan manakah seorang yang berijtihad atas kemampuannya sendiri tanpa mencangkok pendapat imam lainnya?
  3. Taruhlah ide pokok dalam stem sehingga item soal lebih fokus, bukan dalam pilihan jawaban.

    Contoh yang tidak fokus:

    Membunuh secara sengaja.


    1. ….

    Contoh ini bisa dikembangkan.

    Apakah membunuh secara sengaja itu?

    1. ..

  4. Gunakan stem dengan format kalimat tanya atau melengkapi kalimat.
  5. Bila menggunakan format melengkapi kalimat, hindari yang kosong di depan atau ditengah.

    (Haladyna memberikan pernyataan ulang, berdasar pengalaman empiris untuk menggunakan stem dalam format kalimat tanya.)

  6. Gunakan kata posisitif bukan dalam bentuk negatif.

    (bila menggunakan kata negatif hendaklah dicetak miring/garis bawah/cetak tebal. Misalnya “manakah berikut ini yang bukan merupakan shighah al amr?”, “manakah berikut ini yang tidak termasuk wajib haji?”, “manakah berikut ini yang merupakan pengecualian dari rukun haji?”)

  7. Gunakan format kalimat tanya daripada kalimat tidak lengkap

    – Format kalimat tidak lengkap :

    Sanksi hukum bagi pembunuhan sengaja adalah……… < – – – – – – – kurang efektif

    – Format kalimat pertanyaan

    Manakah dari sanksi hukum berikut ini yang merupakan sanksi hukum pembunh sengaja? <- – – – lebih efektif

  8. Gunakan pertanyaan mengenai hapalan+aplikasi (principle, rules, facts in real life)

    – Hapalan saja.

    Mana yang merupakan syarat shalat?    < – – – – – – – – – -kurang efektif

    – Hapalan dan aplikasi.

    Ahmad Syarif mengerjakan shalat dengan memakai sarung, menghadap kiblat, berdiri tegak, berniat dalam hati mengerjakan shalat, mengangkat kedua tangan sejajar pundak, dan mengucapkan allahu akbar. Apa syarat shalat yang dilakukan Ahmad Syarif?

     

    Manakah yang merupakan bagian syarat shalat ?     < – – – – – – – – efektif

     

    Manakah salah satu dari berikut ini yang paling tepat menunjukkan syarat shalat ?

    a. memakai sarung

    b. memakai kopiah

    c. menggelar sajadah

    – Metode dan prosedur.

    manakah urutan yang benar berwudlu?

    a.

    b.

    c.

    – intepretasi hubungan sebab akibat

    Mengapa menutup aurat diperlukan dalam shalat?

    a.

    b.

  9. hindari penggunaan “tidak satupun dari yang di atas” atau ” semua yang ada di atas”.

 

5. contoh template penulisan item stem

Mana pengertian dari…?

Which is the definition of…?

Manakah pengertian terbaik mengenai..?

Which is the best definition of…?

Manakah yang merupakan arti ….?

Which is the meaning of…?

Manakah yang merupakan kesamaan dengan..?

Which is synonymous with …?

Manakah yang seperti …?

Which is like …?

Manakah sifat…?

Which is characteristic of…?

Apa yang membedakan?

What distinguishes …?

Manakah yang merupakan alasan…?

Which is the reason for…?

Manakah yang menyebabkan..?

Which is the cause of…?

Apakah hubungan antara…dengan..?

What is the relationship between … and …?

 

Which is an example of the principle of…?

 

What would happen if…?

 

What is the consequence of…?

 

What is the cause of…?

 

Which is the most or least important, significant, effective …?

 

Which is better, worse, higher, lower, farther, nearer, heavier, lighter, darker, lighter…?

 

Which is most like, least like …?

 

What is the difference between … and …?

 

What is a similarity between … and …?

 

Which of the following principles best applies to …?

 

Which of the following procedures best applies to the problem of…?

   

4.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: