MEMANFAATKAN YOUTUBE UNTUK MENGEMBANGKAN PENGAJARAN dan MEMBUAT BAHAN AJAR

MEMANFAATKAN YOUTUBE UNTUK MENGEMBANGKAN PENGAJARAN
1. orang pada umumnya membuka youtube, seperti halnya saya, kemudian klak klik, mencari video yang menarik yang sesuai. kemudian di download
2. atau lewat kotak pencarian, disitu mengetika beberapa kata keyword kemudian baru ngeklik kaca pembesar untuk mencari video yang dicari, kemudian mengamati sepintas membuka yang dimaui baru bila dirasa tepat baru didownload.
3. kemudian apa adanya ditayangkan dalam pembelajaran di kelas.
4. adakah cara lain???
5. perlu disadari bahwa youtube ibarat lautan, model di atas ibarat menjaring ikan yang ada dipermukaan, youtube bagian bawah dasar lautannya belum terjamah sama sekali. semakin menyelam ke dasar lautan youtube maka akan banyak didapatkan berbagai macam informasi. tentu menyelam ke dasar lautan youtube dibutuhkan peralatan yang memadai, tidak seperti hanya yang permukaan laut youtube cukup kapal perahu dan jaring.
6. alat yang dibutuhkan minimal adalah – BAHASA minimal bahasa INGGRIS, bagi guru agama ISLAM dan bagi guru bahasa ARAB di MADRASAH ALIYAH dibutuhkan kemampuan bahasa ARAB.
– kemudian pemahaman tentang CHANNEL YOUTUBE.
7. CHANNEL ini bisa anda klik dari sebelah LOGO Youtube ada tiga tanda strip, klik panah ke bawah, kemudian kliklah tanda + browse channel
8. pada kotak pencarian ketikkan misalnya “pendidikan” bila kurang sempit bisa ditambahkan “pendidikan agama Islam” atau “pendidikan biologi” atau “pendidikan seni”, atau apapun yang diinginkan tapi akan beda jauh saat mengetikkan dalam bahasa INGGRIS ” education” atau “biological education” dalam bahasa Inggris lebih lengkap dan lebih banyak. kemudian klik kaca pembesar maka akan ditampilkan seluruh channel pendidikan yang ada di Indonesia.
9. carilah channel yang sesuai misalnya channel dari UPI
10. bila ingin dalam bahasa INGGRIS atau ARAB, gulung ke bawah gantilah dengan klik : country/negara Indonesia dengan negara lain US atau Saudi ARabia.
11. untuk dowload cepat bisa menggunakan IDM atau lainnya, bisa juga dengan menambahkan huruf ss sebelum youtube, misal http://www.youtube.com/watch?v=E4Wl8skbtqs…menjadi http://www.ssyoutube.com/watch?v=E4Wl8skbtqs
download format video yang diinginkan: FLV,WebM,MP4,3GP.
12.Video yang sudah di download bisa diedit di rumah disesuaikan dengan kepentingan pembelajaran di kelas.
13. selamat….

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: