kompatibilitas android untuk arab encoding

kompatibilitas rtl arab di android
seperti kebanyakan linux dan distro distronya,android dg beberapa costum romnya juga kurang mumpuni membaca menulis arab.dalam menulis tidak bisa menulis dari kanan ke kiri juga tidak bisa hurufnya juga tidak bisa disambung.jadi semua huruf terbalik dari kiri ke kanan.
kalau membuka browser atau ebook yang berisi tulisan arab maka akan tertampil teksnya dari kiri ,bisa perhuruf terputus putus atau perkata yang semua dari kiri ke kanan.padahal semestinya tulisan arab dari kanan ke kiri atau rtl right to left.
tapi ada aplikasi ebook yang bisa baca dari kanan ke kiri yaitu moon+reader versi arab hebrew.jadi bagi yang punya gadget android bisa instal program ini untukk membaca ebook syamilah dalam format epub yang bisa di download dari situsnya. ada satu lagi yaitu nomad reader tapi belum.dicoba hanya saja yang aku coba untuk moon+reader arab di ideos x5 saat membuka kitab syamilah yang berjilid jilid loadingnya cukup lama.tapi untuk kitab kitab yang terdiri satu jilid maka bisa cepat.hal ini tidak begitu mengherankan larena rata rata buku elektronik tidak seperti kitab arab yang berjilid jilid itu.ebook yang ada umumnya hanya satu buku sehingga cepat dibuka dan ringan saja.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: