INOVASI MODEL PENDIDIKAN

Inovasi Lompatan Kemajuan dalam Pendidikan


Beberapa tahun belakangan ini, sekolah-sekolah doributkan untuk menuju sekolah bertaraf internasional, bahkan undang-undang mengamanatkan untuk setiap kabupaten memiliki satu sekolah bertaraf internasional. Maka bila ada kabupaten yang belum meiliki sekolah (rintisan) bertaraf internasional, maka bisa jadi bupatinya bila bertemu atasannya atau rekan buapti lainnya akan menjadi sasaran omongan, kenapa nggak punya sekolah bertaraf iternasional.

Memiliki sekolah bertaraf internasional, tentu bukan hanya kabupatenn yang berkepntingan, ttapi negara juga  sangat berkepentingan, minimal mata dunia tidak sebelah mata memandang pendidikan Indonesia yang begitu terperosok, maka bila katakanlah di Indonesesia ada 40 sekolah bertaraf  internasional, wah tntu gengsi Indoensia akan naik di mata dunia. tetapi melihat betapa negara maju saat ini tentu tidak dengan mudahnya membangu pendidikan mereka yang demikian maju, banyak hal yang harus dilakukan, misalnya komitmen, kesadaran untuk maju dan tentu sarana=prasarana.

Toh begitu saya kira pemerintah tidak cukup hanya mendirikan rsbi-rsbi, bahkan kalau perlu katakanlah untuk membuat sekolah yang benar-benar unggul yang dapat menjadi motor kemajuan, dapat dibuat model sekolah baru, misalnya setiap kabupaten mengirimkan beberapa orang siswanya yang cerdas kemudian dibuatkan sekolah khusus untuk orang-orang cerdas ini di setiap propinsi dengan bantuan dana dari pemerintah yang dikelalo dengan baik baik dari sisi inteletual, mmoral maupun spiritualnya, maka insya allah hal ini akan dapat mendorng lompatan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Melihat perjalanan RSBI saat ini,  (miskipun mungkin masih terlalu dini) ibaratnya melihat siput berjalan. Padahal saya kira yang kita perlukan sekarang adalah membuat lompatan-lompatan kemajuan dalam bidang pendidikan, kalau kita bisa melompat seperti kijang kenapa kita harus berjalan seperti siput ?.

di beberapa daerah, bahkan mulai bermunculan sekolah internasional dengan gedung mewah laksana perkantoran , guru yang sangat kompeten, kurikulum standar negara maju, dan lulusannnya tjuannya mekanjutkan studi keluar negri, tentu dengan biaya mahal juga.

Bahkan banyak swasta yang jauh lebih dahulu telah menyelenggarakan sekolah internasional bukan hanya nama tapi memang hampir di semua lini memiliki rasa internasional.

Maka inovasi yang terus menerus kita harapkann dari departemen pendidikan untuk menggenjot kemajuan pendidikan di Indoensia.

Setelah sekolah mandiri, sekolah standar nasional, sekolah standar internasional dengan ISO maka kita harapkan ada lagi sekolah apalah yang penting dapat membuat lompatan kemujuan dalam bidang pendidikan.

2 comments so far

  1. pakhanung on

    silaturrahmi semoga bawa berkah🙂

  2. Maren Kitatau on

    Kurasa lompatan itu memungkinkan sekarang-sekarang ini.
    Misalnya, betapa aku semakin banyak tau setelah goblog.
    Nah, pelajaran standard mestinya sudah semakin mudah dan murah,

    Tinggal kemauan, koq, bukan rupiah lagi yg menghambat.
    Dan budaya tak perlu malu bertanya “What is for me?” pd tiap proyek.
    Satu lagi lah, mereka “Gatek”

    Salam Maya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: