MENCOBA WINDOWS 7

MENCOBA WINDOWS 7

Sudah ada keinginan lama untuk menjajal Windows 7 sejak mendengar kabar bahwa Microsoft meluncurkan Windows baru tidak lama setelah meluncurkan windows vista. Tetapi kendalanya adalah kesulitan mendapatkan windows 7 ini, kalau melihat di internet rasanya mustahil kalau harus download dengan file sebesar giga-an ini. Beruntug PC media edisi 03/2009 bahkan yang edisi ekonomis sekalipun menyediakan keping DVD yang berisi windows 7 (biassanya cuma vcd).
Singkat kata windows 7 ini saya coba di laptop toshiba satellite a501 dengan memori 1 gb berjalan dengan mulus. Instalasipun terbilang sangat sederhana (bukan mudah) tetap memerlukan pengalaman instalasi sebelumnya. Sejarah instalasi di loptop saya, awalnya saya instal ketika lewat XP maunya diupgrade tetapi tidak mau, windows Vista hanya menerima upgrade dari Vista (pernah aku coba vista tetapi sungguh berat dibanding XP akhirnya saya downgrade lagi ke XP, dan sekarang ini windows 7). Instalasi ini sederhana saja sampai akhirnya selesai, tetapi tidak menghapus seluruh C: karena dengan sisa XP plus windows 7 menjadi bergiga-giga, akhirnya saya coba instal dari booting awal dengan windows 7, sempat gagal karena coba-coba bahkan sempat tidak terbaca hardisknya, dengan bantuan hiren’s boot cd untuk prbaikan sistem file di hardisk akhirnya selesai juga instalasi windows 7 itupun hanya beberapa saat menjelang ke masjid untuk shalat maghrib, sepulang dari shalat maghrib ternyata instalasi sudah selesai.

Waktunya menjajal Windows 7
Saya coba matikan dan kemudian menyalakan, waktunya tidak butuh proses booting yang lama, bahkan untuk melihat isi dalamnyapun terbilang cepat, memainkan mp3 sambil kerja lainnya juga terasa ringan, bahkan terbilang sangat bagus untuk laptop saya dibanding windows-windows sebelumnya.
Untuk driver rata-rata dapat dikenali semua miskipun ada beberapa yang tidak dikenal, sound driver yang biasanya ngadat ternyata dapat berfungsi dengan baik. karena ini hanya for testing purposes only, maka hanya aktif selama 30 hari sejak diinstal. Kalau diregisterkan ke Microsoft kabarnya sampai bulan Agustus, selanjutnya kalau tertarik silahkan membeli…..

Review PC Media
Majalah PC Media yang menyertakan DVD windows 7 memberikan ulasan mengenai hal ini menyangkut a)Instalasi upgrade, b) sisi pengembangan windows 7 dari windows sebelumnya, c) cepat dan responsifnya windows 7, d) sisi keandalan, e) konsumsi bateri, f) keamanan dan proteksi data, g) user experience, h) dll, membuat kesimpulan bahwa windows 7 mengusung semangat “green computing” yang mengakomodasi masukan penggunanya di berbagai belahan dunia. Menggunakan daya seefisien mungkin mampu berjalan di pc dengan spesifikasi minimum (tentu ukuran sekarang bukan minimum ukuran tahun 2000 ) dengan tidak mengorbankan performence dan appearance. Bahakan PC Media mencobanya di atas prosesor atom dengan memori 1 gb dapat berjalan dengan baik.

Selamat tinggal XP
Melihat peningkatan ini bisa jadi tahun depan pengguna XP maupun vista akan beramai-ramai mengganti osnya dengan windows 7, bahkan yang belum sempat mencicipi Vista akan langsung beralih ke windows 7. Apalagi spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak butuh pc high end.

1 comment so far

  1. WANDI rozaq on

    Mas Zulfa, aku dah pernah nyoba nginstall dari XP ke Windows 7 di laptopku (eMACHINES D720 HARDISK120G/RAM 1G), dan memang luar biasa, cepet dan berjalan mulus, hanya aku kesulitan untuk mengaktifkan video kameranya.
    Kalo di XP SP2 aku pakainya Windows Movie Maker, tetapi setelah di Windows 7 aku kesulitan, akhirnya aku ganti lagi ke XP. Boleh dong aku dibantu. Makasih n lam kenal.


Leave a Reply

