WINDOWS LIVE USB

MEMBUAT WINDOWS USB FLASH DRIVE LIVE
(windows UFD live)

Biasanya OS, misalnya Windows atau Linux diinstal langsung ke hardisk, tetapi ada juga yang tidak diinstal ke hardisk tetapi dijalankan lewat CD yang dikenal dengan CD Live. Sekarang untuk linux banyak yang dapat dijalankan lewat cd ini tanpa perlu menginstal ke hardisk. Untuk Windows, live cd dapat dibuat dengan bantuan software tertentu yaitu BartPe.
Ketika USB Flash Drive mulai banyak dipakai dengan kapasitas yang lebih di atas satu gb, maka medium inipun sekarang diapkai untuk menjalankan OS secara live tanpa instalasi ke hardisk, tentunya membutuhkan perangkat computer yang dapat melakukan booting dari USB.
Ini berbeda dengan memboot dari USB untuk melakukan instalasi OS selain lewat CD rom, memang bisa juga melakukan instalasi OS tidak lewat cd rom tetapi lewat USB flash drive. Tetapi tutorial ini membuat OS yang dapat dijalankan dari USB tanpa instalasi ke computer.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan.
Untuk membuat windows live dari USB flash drive bayak tutorial yang ada di internet, tetapi berikut ini hasil uji coba saya berdasar beberapa tutorial yang ada di internet tetapi ternyata tidak persis sama dengan yang disajikan, ketika dipraktekkan ada beberapa hal yang memang membutuhkan midifikasi dari kita. Berikut ini pengalaman saya membuat windows live dari USB Flash Drive. Yang dibutuhkan.
1.  CD windows XP SP 2 (orisinal lebih baik, saya coba pakai SP 3 tetapi tidak berhasil)
2. Software PeBuilder (saya pakai versi 3.1.10a dan sudah dalam bentuk .exe).
3. Software PeToUSB (saya pakai versi _3.0.0.7 , dalam bentuk .zip, tidak perlu diinstal langsung bisa dijalankan)
4. Komputer yang dapat melakukan booting dari USB

Cara membuat:
1. Masukkan CD windows Sp2 ke drive cd rom
2. Jalankan PeBuilder (setelah diinstal terlebih dahulu) . ketika muncul dialog windownya. Di Source: path to windows installation file, klik kotak kecil disebelah kanan untuk membrowsing letak cd rom tempat cd windows sp2 tadi. Biarkan costum: (include file and folder from this directory) tetap kosong, sedangkan pada isian di bawah Output: (c:\pebuilder3110a\\bartpe) tetap terisi defaultnya BartPE. Pada Media output klik tombol none. Terakhir klik Build. Tunggu hingga proses menyalin selesai (kira-kira 30 menit)
3. Tancapkan USB flash drive (saya pakai 4 gb, 1 gb sudah cukup)
4. Terakhir jalankan software PeToUSB.exe. Ketika muncul kotak dialog, di bawah : Destination Drive klik tombol klik/pilih tombol USB Removable  . di bawahnya ada kotak dialog letak USB Flash drive, akan terdeteksi secara otomatis USB flash drive yang ditancapkan ke computer. Di bawah Format Option: klik tombol Enable Disk Format. Pada Source Path To Build BartPe/WinPe Files, isi kotak dibawahnya dengan letak file Windows yang dibuat memakai PeBuilder dengan mengklik kotak kecil di sebelah kanan untuk membrowsenya yaitu di C:\pebuilder3110a\BartPE. Dibawah File Copy Options, klik Enable File Copy. Kemudian klik Start tunggu hingga proses menyalin ke USB Flash Drive selesai. Kira-kira 30 menit.
5. Keluarkan USB Flash Drive Reboot computer dan boot dengan USB Flash drive tadi, Kalau EEE pc dengan menekan tombol Esc ketika proses booting kemudian akan muncul dialog pilihan booting, apakah dari “harsidk”, USB atau Memory card.

Saya membuatnya memakai laptop Toshiba satelit 501 dan hasilnya saya coba di laptop eee pc dan ternyata dapat dijalankan dengan baik lewat USB tadi.

9 comments so far

  1. budi on

    kok saya ga bisa menggunakan Pebuildernya ya? tolong diperinci lagi penggunaan pebuildernya?? soalnya waktu saya brows ke cd xp kemudian saya oke lalu muncul error, padahal cd saya masih dapat digunakan tuh???apa kita harus memilih salah satu folder di cd xpnya? mohon petunjuknya terima kasih

  2. a_saputra30 on

    tips nya bagus……

    dilanjut boss kreatip nya….

    oh ya windows live in usb ini kira2 nanti support ama hardware boardnya ga ya??? terutama audionya…..

    thanks…. (saput)

  3. reaftech on

    bos, kalo pake CD bisa ga ,bukan USB maksudnya .
    terus kalo untuk space kecil ,misal memory cuman 64 MB.?
    ato adakah cara untuk XP mini, yg bisa utk space kecil.???

  4. DJOKOBONAFIDE on

    bagaimana caranya untuk mempunyai software windows live kata orang bisa botting dari cd atau dari usb tidak lewat hardisk

  5. Rizkiansyah on

    nais, aku demen nih dan sampe saat ini udah berhasil ke mirror ke FD tinggal coba install aja…

    @reaftech
    windows xp aja minimal (untuk prosesing standar) harus di 256MB ram nya… gmn mo jalan di 64MB

    or klo 64MB ini adalah kapasitas FD, yah mending pake windows 3.11 aja klo ngebet pake OS microsoft mah… hahay

  6. line on

    cari softwarenya tuh dimana yah…???
    (bls ke e-mailku aja)

  7. Anti Penjiplak on

    Masukan buat pemilik blog ini:
    Artikel ini sungguh merupakan jiplakan abis dari blog tetangga, sebaiknya membuat artikel orisinil buatan anda. Jangan mempermalukan blog ini dengan artikel jiplakan. Terima kasih

  8. aku on

    kk bisa tuk win 7 g?

  9. rossi on

    kalo 3 os dalam 1 flash gmana caranya……………..yaitu linux,windows dan mac os………….thaxs….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: