ISO

ISO

Ada satu hal yang ketika kita bergaul dengan dunia inernasional perlu menjadi perhatian. Yakni mengenai semacam standar hubungan tertentu sehingga semua apa yang ada pada kita dapat diterima oleh dunia inernasional, dan sayangnya standar itu yang menetapkan adalah dunia barat. Sehingga mau tidak mau kita akan ikut dengan apa yang menjadi tuntutan standar mereka. Ini hampir di segala bidang.

Salah satunya adalah Standar ISO . Barangkali salah sisi yang perlu ditiru , miskipun suatu lembaga tidak dapat memenuhi secara formal sertifikat ISO, tetapi hal yang dapat dikerjakan adalah merumuskan secara bersama standar apa yang harus dikerjakan agar lembaga tersebut dapat lebih berprestasi.

Ini barangkali yang menjadi kesepakatan awal antar komponen yang terlibat pengelolaan suatu lembaga. Dari kesepakatan bersama untuk maju ini kemudian dibuatkan dokumen secara tertulis semua hal yang akan dikerjakan dalam suatu bentuk prosedur kerja yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas.

Prosedur kerja yang menjadi kesepakatan itulah yang akan menjadi tolok ukur bersama untuk meraih kemajuan, bagaimana komitmen seluruh komponen terhadap prosedur kerja iu ditaati bersama.

Kemudian secara periodic, diadakan evaluasi bersama mana saja hal-hal yng tidak dapat berjalan sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan tadi.

Berangkat dari sini sebenarnya suatu lembaga dapat meningkatkan prestasi dengan standar kualitas tertentu, minimal ada tolok ukur yang dapat dijadikan acuan penilaian dibandingkan ketika tidak mengadakan standarisasi prosedur kerja. Memang tentu tidak setiap lembaga mampu memenuhi syarat sertifikasi ISO mengingat dana yang dibutuhkan sangat besar. Untuk ISO Standart Management System saja di tingkat lembaga pendidikan mencapai Rp. 55 juta. Ini belum termasuk persiapan menuju sertifikasi, bahkan untuk perusahaan untuk satu item yang sama bisa mencapai satu milyar.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: