HIDUP DENGAN ISLAM

Agama Islam: Bagaimana Kita Bergaul Dengan Islam Sehingga Menjadi World Of View

Diin (arab) artinya agama, ini persepsi umum di masyarakat, tetapi sebenarnya makna diin itu banyak , diantaranya adalah, nidhamul hayah, system hidup yang mengatur urusan hidup ini. Dalam arti ini maka diin ada dua, diin Allah dan diin  manusia

Diin Allah hanya satu yaitu Islam.Inna diina’ indalllahil islam. Tetapi diin manusia itu banyak, misalnya nasionalis, komunis, kapitalis.

Din Allah pasti benar adanya sepanjang zaman, segala tempat. Tetapi din manusia pasti salah, atau ada benar tetapi campur degan salah.

Sebagai sistem hidup, Islam adalah yang paling modern, ilmiah. Salah satu contoh adalah tata cara perawatan jenazah, bandingkan dengan system hidup lainnya.

Keberhasilan hidup hanya dapat diraih dengan din Islam, itulah keberhasilan nabi Muhammad saw. Sementara dinu nas yang memimpin manusia maka akan gagal, contoh nasakom, asas tunggal. Tidak ada din nas yang dapat membimbing manusia.

Hanya dengan din islam  manusia bisa dibina menjadi sebaik-baik makhluk, kalau tidak karena Islam maka manusia tak ubahnya seperti binatang.

Untuk bisa diamalkan Allah menurunkan aturan bagaimana Islam bisa diamalkan. System mengamalkan Islam ini seperti di surat an nisa”. Taatilah Allah, Rasul dan ulil amri, dan secara berislam secara kaffah. Ketaatan kepada Allah dan rasulullah saw adlah mutlak, karena itu wajib taat mutlak kepada syariat Islam, tidak boleh membantah, mengkoreksi, tetapi tidak mampu mengamalkan itu masalah lain. Ini akan bisa diamalkan bila ada keyakinan kuat akan kebenaran syari’at ini. Taat kepada ulul amri artinya mengamalkan Islam harus dalam system kekuasaan Islam, tidak boleh dalam kekuasaaan lain, karena kalau demikian maka akan terjadi fitnah, agar aman dan dapat mengamalkan Islam secara baik maka harus ada khilafah, annur 55. Dengan system khilafah akan dicapai kestabilan Islam karena tidak ada yang mengobok-obok karena ada kekuasaan yang melindungi Islam, kemudian akan diberi keamanan dalam hartanya, aman moralnya. Tiga lingkungan akan menentukan pendidikan (moral) lingkungan rumah tangga, sekolah, lingkungan masyarakat. Kemudian juga ibadah murni kepada Allah sehingga aman dari syirik.

System mengamalkan Islam dengan daulah ini hukumnya wajib, maka haram tinggal di negera non Islam, karena itu harus hijrah dari Negara kafir, kalau tidak maka harus berjuang. Islam manjur sebagai system hidup dan ini dibuktikan oleh  sejarah tetapi sekarang mengapa membawa kehinaan umat ini, karena salah dalam menerapkan resep Islam dalam hidup ini. Ibarat pil yang manjur untuk mengobati flu sesuai dengan aturan minumnya misalnya tiga kali sehari selama tiga hari, tetapi bila kemudian seseorang ingin sembuh dalam sehari kemudian minum pil tadi yang mestinya untuk tiga hari diminum sekali maka yang didapat bukannya kesembuhan tetapi sebaliknya adalah malapetaka.

Menegakkan daulah hanya dengan dakwah dan jihad, sebagaimana shalat mengikuti nabi maka dakwah juga harus mengikuti nabi saw. Sifat dakwah nabi saw. Adalah menerangkan Islam apa adanya dengan bahasa yang dipahami kaumnya, dengan menerangkan Islam dan menjanjikan surga dan mengkritik system hidup yang salah dengan mengancam dengan neraka. Tantangan dakwah biasanya bila mengkritik system yang ada yang tidak sesuai Islam untuk ditunjukkan salahnya, bukan karena menerangkan kebaikan Islam semata, bahkan semata menerangkan kebaikan Islam tidak akan mendapatkan tantangan.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: