BELAJAR DARI FPI

FPI DAN FUCTIONALISM

Adalah teosri sosiologi yang menjelaskan hubungan suatu kasus dengan kasus lain dalam kontek hubungan kemanfataan atau fungsi, maka teori ini disebut teori fungsionalisme. Ambil contoh, kemiskinan, dai sudut fungsionalism ia berfungsi memberikan arti bagi orang kaya, sehingga ia bisa disebut dermawan, kemiskinan juga meneguhkan status sosial orang kaya sebagai majikan. Ia juga menjadi alasan kaum ningrat untuk sah menginjak orang miskin, ia juga dapat menjadi komoditas kaum intelektual untuk proyek pengentasan kemiskinan.

Tak terkecuali,perilaku keras dalam gama yang dianut oleh sebagain pemeluk suatu agama, FPI misalnya, sifat keras FPI dapat dimanfaatkan oleh pihak lain untuk kepetingannya sendiri. Misalnya dari sisi politik, sungguh scenario cantik bagaiaman membenturkan elemen dalam masyarakat ini, kemudian mengelminasikannya dalam skup tertentu yang dilakukan oleh aparat tertentu misalnya, tentu akan menaikkan promosi jabatan bagi komandan satuan yang menangani kasus tersebut. Ia berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam mengendalikan huru hara di masyrakat.
Bagi penguasa ia dapat memalingkan kasus-kasus bessar yang sedang dihadapi masyarakat, misalnya, saat ini lagi marak demo kenaikan BBM, lantas dimunculkan FPI dan elemen masyarakat lainnya, kemudian dibuat scenario huru-hara yang didramatisir sedemikian rupa oleh media masa dan pejabat-pejabat terkait sehingga terkesan sebagai suatu kasus besar. Kemudian masyarakat dipertontontan setiap hari berita ini, sehingga masyarakat melupakan kasus BBM.
Bagi dunia internasional, betapa menikmati mereka akan keretakan antar elemen bangsa ini sehingga ke depannya akan sangat mudah menguasai bangsa Indonesia.
Bagi pihak-pihak lain, yang tidak sepaham, maka mereka mengambil keuntungan dengan tidak perlu terlalu banyak mencurahkan tenaga, fikiran untuk memporakporandakan umat islam.

Wal hasil itulah pemandangan dunia, siapa yang bisa bersabar dan menahan diri niscaya akan mendapatkan sesuatu yang lebih manis, baik bagi dirinya, keluarganya, masyarakat maupun agama. Kalaupun tih tidak di dunia ini , niscaya kesabaran itu akan dibalas oleh Allah dengan sesuatu yang lebih baik di akherat nanti

1 comment so far

  1. tepos on

    ga segitu y kaliiii….emang y situ pernah du2k di pemerintahan…ampe berpikiran segitu jelek y ma pemerintah & aparatur negara…jng buruk sangka ma org ga baik lo kata mama ku jg…he..he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: