Belajar Tafsir Bagi Pemula

Tafsir yang Mudah

Banyak orang dihantui fatwa-fatwa atau semacamnya yang melarang atau paling tidak menyarankan atau memberikan pertimbanagn jangan membaca tafsir ini dan tafsir ini, karena dengan berbagai alasan.

Sudah maklum dalam aliran pemikiran/madzab, bahwa dijumpai banyak aliran pemikiran dalam Islam. Ilmu fikih awalnya mengenal puluhan madzab, sekarang tinggal empat yang besar, madzab Hanbali, madzab Maliki, madzab Syafi’i dan madzab Hanafi. Di bidang ushuludin atau akidah juga demikian, namun barangkali yang hingga saat ini masih nampak adalah aliran asy’ariyah ada yang menyebut ahlu sunnah wal jama’ah dan aliran salafi ada yang menyebut wahabi dan mungkin juga mu’tazilah. Sesungguhnya sebagai aliran yang dilahirkan dari proses pemikiran terhadap nash al Qur’an dan al Hadits, maka aliran-aliran ini akan senantiasa ada dan dipelajari, bagaimanapun upaya seseorang atau pemerinth untuk membendungnya.

Tafsir al qur’an, sesungguhnyapun juga sedikit banyak dipengaruhi aliran pemikiran ini, maka bagi beberapa golongan ulama saling mengklaim bahwa tafsirnya yang paling sesuai dengan apa yang dimaui oleh Allah atau Rasulnya, paling tidak dikatakan sesuai dengan syari’at dan jauh dari bid’ah.

Terlepas dari ini saran-saran para ulama dalam bingkai aliran mereka masing, bagi pemula yang ingin belajar tafsir dalam bahasa arab bagi orang yang bukan orang Arab, ada beberapa tafsir yang menurut saya sangat memudahakan dan membantu dalam memahami al qur’an. Misalnya tafsir Safwatu Tafasir karya syaikh ash shobuni, At tafsir al wajiz karya syaikh al wahidi, at tafsir ul muyassar, tafsir sa’di karya syaikh Sa’di.

Ini merupakan tafsir yang selama ini baru aku tahu, selebihnya hampir semua kitab tafsir terdiri berjilid-jilid sehingga terasa menyulitkan bagi orang yang secara mandiri ingin memahami al qur’an. Bisa jadi selain ini banyak lagi tafsir-tafsir yang ringkas, mudah dan membantu seseorang memahami al qur’an yang saya belum ketahui

Semoga Allah senantiasa memudahkan hambanya yang ingin memahami titahNya yang tersebut dalam al qur’an. Amiin

6 comments so far

  1. Tafsir Per kata on

    Kitab tafsir yang anda sebutkan semuanya sangat baik untuk di baca dan dikaji. Sekedar info, sekarang sudah ada tafsir qur’an per kata yang sangat mudah dan simpel bagi pemula. Bisa dijadikan salah satu referensi bagi setiap muslim.

  2. Rama on

    Assalaamu’alaikum
    salam kenal, kalo buku tafsir yg bagus untuk pemula apa yah?

  3. belajar bhsa arab on

    Assalam
    Salam Kenal

  4. mohamad jusuf on

    Salam kenal. Semoga bermanfaat bagi saya…

  5. affaz on

    klo cri buku tntang sejarah madzhab apa ya??? sukron

  6. srienevi01 on

    Assalamu’alaikum….
    Apakah perlu kalau kita menyekolahkan anak kita di pesantren agar bisa memahami tafsir ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: