Laptop Tua dan Xandros

Acer travel Mate 515T dan XandrOS

Hari ini saya bisa menghidupkan kembali laptop tua saya, setalah sebelumnya
untuk waktu sekian lama mati. Dulu sebelum rusak laptop ini andalan saya.
Terus pernah rusak casingnya, engselnya, kabel cpu dengan layarnya,
termasuk port usbnya. sempat saya service, ternyata keluar dari tukang service
sepintas nampak baru lagi tetapi, yaaa karena laptop tua, ternyata suka
ngadat alias hang, baru dipake beberapa menit langsung hang dan hang.
Saya ganti OS ME, 2000, XP, bahkan sampai yang model unattended 2000
ssampai xp tetap hang hang hang..sampe akhirnya aku biarkan teronggok
di kursi. baru kemarin aku buka, ternyata XP HOMEnya sudah kadaluarsa
alias kehabisan waktu (sebenarnya sempat aku instal dengan XP HOME
orisinil yang habis dalam waktu 30 hari kecuali diaktifkan ke microsoft)
Ketika saya mendapatkan linux live CD, saya coba mulai dari yang kecil
50 MB, 150 MB sampai yang 600an MB, terakhir aku coba PCLinux OS 97,
Ubuntu ME, dan terakhir yang aku pake posting ini adalah XandrOS akhir
. Eh ternyata pake xandros jadi lancar. Wireless PCMCI ku yang merek SMC
network jalan sepenuhnya tanpa banyak hambatan,lancar dan yang penting
tidak pake hang lagi, semoga tidak hang lagi.
Si laptop tua ini adalag Acer Travelmate 515T pentium II 300 mhz, 
memori 256, hd 4 GB, wal hasil dengan Xandros si laptop tua kembali bisa
dipake (soale mau beli baru tidak ada fulus)  Sayangnya sampe sekarang 
belum bisa menambahi fasiltas xandros (untuk ngetik Arab dan open office 
belum ada, rencana mau ssaya instal MS office saja pake crossover)

No comments yet

Leave a Reply

