Ujian nasional 2007/2008

kemarin hari Rabu tanggal 22 Agustus 07, saya lihat edaran dari depag untuk wilayah jawa tengah tentang mata pelajaran yang diujikan untuk ujian tahun pelajaran 2007/2008. Tentu ini mengacu pada depatemen pendidikan nasional, sehingga untuk SMA tentu sama.

Bila tahun kemarin ujian nasional hanya tiga mata pelajaran, untuk tahun depan ini mata ujian negara ditambah tiga lagi sehingga menjadi enam mata pelajaran yang bakan diujikan oleh negra republik Indonesia tercinta ini.

Mata Pelajaran ini untuk Jurusan IPA meliputi 1) Bhs Inggris 2) Bhs Indonesia 3) Mataematika 4) Fisika 5) Kimia 6) Biologi.

Mata Pelajaran untuk jurusan IPS meliputi 1) Bhs Inggris 2) Bhs Indonesai 3) Matematika 4) Sosiologi 5) Ekonomi 6) geografi

Tetapi untuk permendiknas dan POS nya  masih nunggu  dari pemerintah.

Terus, bila memang benar demikian maka sekolah atau madrasah harus kerja lebih keras lagi untuk menyiapkan murid-muridnya siap secara materi maupun psikologis untuk menghadapi ujian nasional enam mata pelajaran kali ini.

Untuk para siswa siswi tentu tidak perlu berkecil hati menghadapi ini.

58 comments so far

  1. anche on

    pemerintah tuh yg bner aj!!!!!

    pengen liat tmbah banyak yg g luluz ta??!!

    yg bkin aturan bego bgt tuh!!!!!
    coba aj jd ank SMA!!!

    PEMERINTAH BEGO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. yabz on

    wah gile bener,pemerintah tu pa gak mikir kali ya.3 mapel ja udah segini beratnya eh….mo ditambah 3 mapel lagi.
    untuk BAPAK Menteri Pendidikan tolong ya pak masa depan kami anak-anak kelas XII,jangan dibuat main-main,orang tua kami tu membiayai sekolah kami dengan kerja keras,nanti kalau sampai kami tidak lulus gara-gara mata pelajaran tambahan tadi gimana hayo,bapak mau tanggung jawab????coba pikirkan lagi keputusan anda menambah mapel tambahan untuk unas….
    dan untuk teman-teman kelas XII ayo kita berjuang agar penambahan mapel tersebut dibatalkan,bagaimanapun caranya. jangan sampai masa depan kita hancur gara-gara satu kesalahan yang dibuat oleh Menteri Pendidikan kita…..
    dan untuk seluruh pembaca,mohon dukungannya agar penambahan ini dibatalkan.
    dan untuk catatan sepintas kehibupan ni mohon sampaikan inspirasi saya ini kepada bapak menteri pendidikan kita yang terhormat.terima kasih……

  3. Suyoso on

    Semoga pelaksanaan ujian nasional 2008 berjalan lebih baik dan bijak dari semua komponen yang terlibat

  4. fahri al-kaff on

    gw yakin kalo menteri pendidikiannya gak punya anak yang masih sekolah…cz gak mungkin mereka bakal ngasih kebijakan kayak gitu…
    tapi berhubung gak punya anak yang masih sekolah otomatis dia berani ngasih kebijakan kayak gitu….

  5. FAHRI on

    PESAN INI UNTUK MENtRI PENDIDIKAN !!!

    Plizzz kasih soalx jangan susah2 yaa……………
    biar gampang isinya
    but jangan terlalu gampang2 amatlah..
    so.. buat soal pas-pasanlah

    cat:saya setuju dengan si Fahri bukan karena nama qt sama!!
    karena mungkin saja mentri pendidikan nggak punya anak yg masih sekolah/mungkin saja beliau memang nggak punya perasaan
    coba pikir masa qt lewati 3 thn dan nggak lulus cuma karena lewati 3hari
    kasiankan
    tolong beliau pikir2 lagi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    thank’s

  6. echi on

    wah wah,, ladang korupsi tambah luas aj tuh! MAKMUR DAH NEGARA
    bagus!! kakek-kakek ‘PENYIHIR’ PEMALAS GAK punya OTAK BUNCIT yg duduk santai d pangkuan SUCCUBUS itu mulai sok jago, sok pinter, sok bisa ngerjain soal fisika.. padahal 1+1 aj jawabannya msh nanya sama gw.. apalagi klo d kasih soal integral sama guru privat gw..! mencret dah lw..!
    ngatur peler sendiri aj masih ga becus, ud mw ngatur negara..
    anjink..!
    knp c musti ad orng ky gini!?

  7. wahyudi on

    alhamdulillah……..
    kalau UAN 2007/2008 6 mapel itu berarti NEM kita makin besar jumlahnya.
    kalau boleh beri saran buat siswa/i SMA JANGAN TAKUT KARENA
    KALAU KITA BISA MENGHADAPI UPM DAN UAN DI SMP
    KENAPA di SMA ENGGAK??

    SPIRIT………………………………..

  8. wahyudi on

    alhamdulillah……..
    kalau UAN 2007/2008 6 mapel itu berarti NEM kita makin besar jumlahnya.
    kalau boleh beri saran buat siswa/i SMA JANGAN TAKUT KARENA
    KALAU KITA BISA MENGHADAPI UPM DAN UAN DI SMP
    KENAPA di SMA ENGGAK??
    asal tau aja ya
    AKU JUGA ANAK SMA LO CLASS XII IA LAGI
    MASA’ KALIAN KALAH SAMA AKU

    SPIRIT………………………………..

  9. supatno on

    menurut aku cukup baik, karena semua komponen sekolah akan bekerja lebih giat lagi (baik itu guru maupun murid). asal jangan ada yang berbuat curang.
    semoga pelaksanaannya sukses…..

  10. Lucyana on

    Bapak mentri yg sya HORMATIIIII!!!!!
    bapak gx prnh mikirin nasib kmi………………
    jangan dunk dismain cra pngjrn n fasilitas skul antra daerah jawa dn sumatra,, jauhhhhhhhhhhhhh bgt,,, liat ja sndri d jwa pake laptop, dsni ja komputer ja 1 br2 itupun rusak !!!!!
    tolong ya pak pnya otak sdkit napa?
    mahal tau, uang skul kalo we gx lls brpa tahun lg nyokap byr uang skul bapak mo gratisain uang skul n yang lainnya.
    kalo mo tmbh mapel tolong ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,, skul ja yg llsin we smua masa komputer bego!!!!!!!!!!! yang menentukan nasib we. PIKRIN LGI DUNK!!!..
    baPAK GX PRNH SKUL YA!!!!
    MAKANYA BAPAK GX MKRN NASIB WE………

  11. hartin siti mashitoh on

    wahai semua yg bekerja di DINAS PENDIDIKAN.kami sebagai siswa XII memolak mentah2 keputusan kalian semua.ap pemerinath ga punya otak ats keptusan yg sudah dibwt.ap pemerintah ga mikir baagaiman nasib Qta smua jika mapel UN ditambah mjd 6 mapel.3 ampel aj udah pusing,apalagi 6 mapel?semua siswa bisa jd stres,gila,dan akhirnya milih bunuh diri krn mereka ga lulus.tolong pertimbangkan kembali keputusa anda2 semuanya.

  12. Yana Kusrini on

    temen2, ga sah terlalu stress ya ngadepin UAN yang bakal jadi 6 pelajaran ini. sebenarnya saya juga keberatan dengan keputusan pemerintah ini, tapi qta hanyalah siswa yang harus tunduk dan patuh sebagai pebagai pelajar yang baik. sebenarnya jauh sebelum angkatan qta pun menjalani EBTANAS dengan pelajaran yang 6 itu, toh mereka lulus2 aja kok.maka dari itu sekarang tinggal bagaimana usaha qta biar lulus,qta harus belajar lebih giat, hal ini pasti yang terbaik buat qta. SEMANGAT YAAAA!!!!!!!

  13. riri on

    udah telat pemerintah harusnya 2 tahun yang lalu ksi tawna,..
    yakin bgt banyak yg g’ lulus klo jadii 6 mata pelajaran!!!!!!
    khan jaman pak pemerintah dulu sama saya sekarang tuh BEDA!!!!!!!!!!!!
    it means,…. G’ SETUJU KALO BENER2 JADI 6 MATA PELAJARAN!!!!

  14. ALMA on

    tolong pertmbangin lg ttg mapel 6.pa bpk g pny ank seusia qt?JANGAN JADIKAN QT KELINCI PERCOBAAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!??????????????????????????

  15. fadhlil on

    sebenernya salah sekolah2 dan kurangnya sosialisasi terhadap murit,
    padahal wacana ini ud ada sejak 2 tahun lalu…
    kenapa ga di persiapkan dari dulu..
    knp harus skr di umumkan resminya..

  16. rOidaH aL-adawiyah on

    Assalamu’alaikum…
    Hmmm… bingung deh,,, sebenarnya apa sih yang mau dicapai dari UAN ini?
    menciptkana generasi yang lebih cerdas dan baik bukan?
    tapi kok kenapa pemerintah malah lebih membuat sulit keadaan dengan menmbah mata pelajaran?
    bukannya mengurangi pengangguran malah makin menyemarakkan orang-orang yang gentayangan di jalanan…
    jujur aja yah pak Menteri… saya nggak amu termasuk orang yang gentayangan dijalan cuma gara-gara GAK LULUS UAN dikarenakan penambahan 3 mata pelajaran (dengan alasan yang gak logis) pada tahun ini…
    Asli angkatan 2007-2008 cuma DIJADIKAN KELINCI PERCOBAAN!!!!
    JANGAN DZALIM SAMA RAKYAT DONG PAK…
    INGET, KITA GENERASI PENERUS BAPAK…
    tolong difikrkan…
    Wassalamu’alaikum…

    Curahan hati dari seorang adawiyah untuk Pemerintah sejati…?

  17. winda on

    pemerintah kayak gitu ya? harusnya pemerintah ngerti pa mau siswaatau sekolah. jangangak jelas kayak gini.
    boleh aja UN jadi 6mata pelajaran tapi kelulusan ditentuin sama sekolah. jangan mau menang sendiri. pemerintah kan gaktau gimana kondisi di sekolah. yang pemerintah tau cuma gimana caranya bersaing sama negara yang udah maju. siswa-siswi indonesia beda jauh ama siswa-siswi negara maju. otak kitabeda ma otaknegara lain.
    kalo kayak gini caranya indoneia gak aka maju-maju.
    makasih. moga aja pemerintah bisa nrima.

  18. sukma on

    Maksudnya meningkatkan kwalitas SDM tapi ya kira kira donk… jangan sampai Indonesia malah mendapat predikat buruk di negara lain. kalau pemerintahan lagi semrawut jangan sasarkan ke pelajar. masa depan bangsa ada di tangan generasi muda lo……….para pelajar kita yang dijadiin sasaran ya kudu bisa terima walaupun terpaksa.let’s pray and study hard

  19. YUAN on

    Menurut gua uan tuh “TAIK”!perjuangan 3 tahun belajar cuma ditentuin sama 3 hari doang!itu ga adil bgt ma biaya ama pengorbanan yang slama ini udah dijalanin1
    selain itu juga uan itu cuma mengintimidasi,menuntut dan membatasi para siswa!
    liat aj mantan presiden ke2 Ri Pak Soeharto!
    beliau bisa sukses dan bahkan jadi pemimpin negara selama 32th padahal beliau cuma lulusan smp!
    jadi masalahnya sekarang “APA GUNANYA UAN ITU?”

  20. alfee ds on

    Apa sih maksudnya dari UAN itu? masa’ kelulusan ditentuin sama beberapa hari aja. Gak adil adil bgt sih! yang seharusnya menentukan kelulusan itu kan pihak sekolah karena sekolah yang lebih tahu apakah anak itu berhak lulus atau g’………………..

  21. kelinci percobaan on

    bner banget emang menteri pendidikan itu ga mikir apa gimana nasib kita-kita apa lagi anak kelas XII,gimana kalo kita ga lulus?????kan indonesia juga yang malu?????mending kalo kita lulus terus kalo kita ga di lanjutin emang mereka bakalan ngasih kita kerjaan apa????toh yang lulus juga sekarang banyak penganguran????
    ap sih tujuannya UN itu??????gwe rasa UN itu ga ada gunanya????apa manfaatnya?????malah klo di adain UN malah makin ancur setiap sekolah juga ga mau kalo siswa/i nya ga lulus!!!!
    enak kalo yang berduit selalu bisa nyogok!!!apa lagi gwe denger sekarang ada aja orang yang nyogok buat dapetin ijazah!!!!!!!berarti pemerintah ga ngehargain kita-kita yang belajar selama ini!!!!
    WOIIIIIIIIIIIIIIIIII …………………MIKIR DONG PENDIDIKAN SEKARANG MAU GIMANA ??????????????????//MAKIN ANCUR TAU!!!!!!!!!!!!!!!!!!NYADAR GA SIH??????????????????????

  22. dicky-sma n 2 ska on

    BERTAQWALAH PADA ALLOOH DAN ROSULNYA,UAN GA USAH DIPIKIRIN,MIKIR AJA DOSA DOSA KITA YANG AKAN DIPERTANGGUNGJAWABKAN KELAK,TOH GA LULUS UAN TUH GA DOSA ASAL UDAH USAHA LOH,TP KALO KORUPSI,SIAP AJA AMBIL TEMPAT DUDUK DI NERAKA-WAKAKKAKAKKAKK-BRAVO SMADASKA!JANGANKAN 6MAPEL,10 AJA BERANI!!!!!!!!11 UAN SAPA TAKUTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

  23. rahasia on

    ya….sebaiknya kalau ditambah 3 mapa nya, ya paling tidak nilai standart kelulusannya jangan tinggi bgt…jangan sampai 5..kasihan dong yang IQ nya masih lemah…

  24. imam stress mikirin ujian on

    aaahhh nasib2…

    sekarang ujian makin berat aja…

    gw takut ga lu2s n ga bisa kuliah…

    kalo gw ketemu ntu mentri pendi2kan…

    gw iket dah di tiang bendera….

    uggggghhhhhhhhhh……..bt….

  25. MISTERIUS on

    UNTUK PEMERINTAH YANG TERKAIT SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG!SAYA SANGAT KEBERATANN DENGAN KEPUTUSAN YANG DI KATAKAN BAHWA UNTUK NAK SMK AKAN ADA 6 MAPEL YANG AKAN DI UJIKAN!HEY PEMERINTAH KITA INI BUKAN KELINCI PERCOBAAN!INDONESIA TUH MASIH NEGARA YANG BERKEMBANG TOH KITA HARUS SETAHAP DEMI SETAHAP BUKAN LANGSUNG LANGSUNG BREK KAYA GINI!KALO MEMANG PEMERINTAH BERSI KERAS UNTUK TETAP MELAKSANAKAN 6 MAPEL YANG DI UJIKAN KALIAN SEBAGAI PEMERINTAH HARUS DI UJIKAN PULA!JANGAN HANYA BISANYA MEMUTUSKAN HARUS BISA JUGA MERASAKAN APA YANG DI PUTUSIN!DAN MENURUT SAYA KELULUSAN ITU HARUS DI PUTUSKAN OLEH GURU2 SEKOLAH MASING!MASA BLAJAR SLAMA 3 TAHUN CUMA DI BAYAR DENGAN WAKTU 3 HARI NI GAK ADAIL!PEMERINTAH HANYA MENANGGAPI UANG TAPI GA DA TUH KEMAJUAN DI TINGKAT PENDIDIKAN!APA SIH GUNANYA PEMERINTAH KALO CUMA BISA NGASIH SOAL UJIAN!PEMERINTAH GAK BERHAK BUAT MUTUSION SOAL UJIAN!MAU JADI APA SIH INDONESIA INI MAU JADI KAYA SINGAPORE TAU JEPANG!JANGAN NGAREP KALO PEMERINTAH SENDIRI AJA BLOM BISA NGURUSIN FAKTOR NEGATIF YANG INTERNAL DARI PEMERINTAHAN KALIAN SENDIRI!

  26. line on

    knp sh hrs da uan????mendingan pakeraport aja
    hasilnya sama ja kan
    lagian percuma 3 thn bljr cmn ditentuin ma uan ,
    lgan blm tentu yg slm ini pinter bs lulus uan,hrsnya pemerintah lebih mikir lag
    mau makin banyak yg gk lls trz stesss ampe bunuh diri
    kykny angkatan kami jd kelinci percobaan teruz,jgn gt dnk!!!!!!!!

  27. DIDIK IRWANSYAH on

    KENAPA SUSAH MIKIRIN UAN YANG BERUBAH MENJADI 6 MATA PELAJARAN saya seorang siswa dari SMA MTA SURAKARTA mendukung adanya uan yang di tambah lagipula kalau kita melakukan demo, protes kepada pemerintah kita ngak di perhatikan pasti ngak ada reaksi SO, UNTUK MENGHADAPI SEMUA ITU BELAJAR, ikhtiar, dan bekerja keras saya yakin ALLAH akan memberikan jalan keluar kepada kita semua jadi sobat kelas XII IPA / IPS SEMUA TETAP SEMANGAT OK…

  28. inohg on

    DUNIA PENUH DENGAN KATA-KATA!.

  29. hardcore on

    WADUH PAK,yg bener j donk
    masa unas beneran ditambah 3 mapel lg?apalagi 1 kls mw di bikin soal yg berbeda2….
    wong pas unas sebelumx j udah lmyn byk yg ga lulus mw ditambah lg jd 6 pel.
    tolong mikir dikit donk!!!!!
    lgian knp kok lgsg di praktekan di thn yg br akan menjalankan unas tahun ini???
    knp kok ga di praktekan di ank yg kls X skrg???
    knp kok yg kls XII?
    klo yg kls X kn bisa ad persiapan untuk 2 thn mendatang
    tolong dipikir lg rencana untuk mnambah mapel yg berikutx itu!!!

  30. hardcore on

    WADUH PAK,yg bener j donk
    masa unas beneran ditambah 3 mapel lg?apalagi 1 kls mw di bikin soal yg berbeda2….
    wong pas unas sebelumx j udah lmyn byk yg ga lulus mw ditambah lg jd 6 pel.
    tolong mikir dikit donk!!!!!
    lgian knp kok lgsg di praktekan di thn yg br akan menjalankan unas tahun ini???
    knp kok ga di praktekan di ank yg kls X skrg???
    knp kok yg kls XII?
    klo yg kls X kn bisa ad persiapan untuk 2 thn mendatang
    tolong dipikir lg rencana untuk mnambah mapel yg berikutx itu!!!
    tolong di baca surat komentar kami

  31. rehe's....... on

    wah2″…………….Pucing KpalaNe Enyong
    Kepriwek………..??????
    Halah Codara seBangsa SMA&SMK klaz3 tenang wae Brow…….Yakin ama Yang Ciptain Qta……….
    Enyong yakin DIA Bakal Bantuin Qta…….,,,,Asal Qta Mw Berusaha ama Berdoa
    Qta KibarKn Bendera Perang Ama UAN…..
    Qta Harus MENANG!!!!!!!!!!!!!!!! Ocley………..
    Pknye……Hadapin semua Dg Senyum…..Wekekeke….
    Ntu Ky’ LguNya DEWA…..
    KEEP on OUR SPIRIt……………MoVe On Right NOw…Jgn Lupe BLJAR BROW…

  32. amal on

    BERJUANGLAH………!!!!!!!!!

    TAK PERLU MENGELUH………

    KITA PASTI BISA MENGHADAPI SEMUANYA………..

    DENGAN PENUH SEMANGAT,BELAJAR KERAS & DOA,,KITA PASTI BISA MELEWATI

    UJIAN DENGAN MUDAH…

    “SEMOGA KITA SEMUA BISA LULUS DGN NILAI TERBAIK”

  33. marmy on

    Kit4 k@n sbg b4ngs4 IND. sedangkan IND dlm tingkat internasional pendidikannya msh rendah jd dgn ditambahnya UAN jd 6 mapel bs buat kt lebih EXTRA lagi dalam belajar dong!!!!!!!!!!!!!!!

    Y@ @k do’ain aja smg yg njalanin ujian th ni bs lulus semua !!!!!!

    JANGAN LUPA BELAJAR YG RAJIN YA!!!!!!!!!

  34. chips on

    gila apa UAN ditambah? mikir atuhhhhhhhhhhhhh bego banget gt lho……….. hai mentri pendidikan pa lho gak mikir 3 aja dah susah apa lagi 6? klo ditambah itu mestinya gak usah pakek standart kelulusan masak dah 6 mapel standartnya malah dibuwat tinggi mo lulus dari mana? minta tolong MBAH DUKUN? mentri pendidikan tolong DIPERTIMBANGKAN lagi ya………

  35. i.n.a. on

    gila’ yha,,,,,,,,,,,,
    6 pelajaran gethooo.
    yang 3 pelajaran jha banyak yg g lu”s pa ge 6…
    bisa hancur neeh masa depan klo sampe’ g lu”s gara” 6 pelajaran ntu,,,,,
    klo mw nambah twh satu” keq,,,

  36. boeDOeK 211 on

    gila parabot ujian SMP ditambah lagi jadi 4′
    parabot
    gile gimana gak puyeng 3 aj ad banyak yang gak lulus

    dasar pemerintah maunya mentingin diri sendiri
    pikirin donk rakyat yg lain?

  37. ffiiyoooo on

    ddduuuuuuhhhhh,,,,,3 mapel ae blumpp tentu luluss,,,nii lagi,dtambahh,,gyan,bukan,ya dari dulu standart penidikan di tinggi,in,,,,malahh,baru2 ini ditinggi,innya!!!,kan jadi keteteran,,,,gamana siiihh,,,gag ngerasain,beban yang di tanggung anak2 sma n smp,,,,gag punya anak sekolah ap,,,,pedulikan kami donkk,,,,,

  38. Bas (Belanda) on

    Walaupun kasihan anak-anak sma sekarang, keputusan ini lebih baik buat Indonesia.
    Sekarang orang Indonesia sering nggak bisa ke kuliah di luar negeri dengan diploma SMA aja. Semua negara lain bilang standar sma kurang.
    Kalau menteri ikut anak-anak dan buat diploma sma mudah banget, nanti diploma itu nggak dihargai lagi. Sekarang sering toko-toko sudah minta minimum diploma sma,
    kalau terlalu mudah, nanti minta diploma kuliah S1 untuk kerja di toko.
    Lebih baik standar lebih tinggi.
    Kalian, sebagai orang Indonesia, nggak malas ya?

  39. Anggraeni on

    ya ampoennn!!!!!!
    pemerintah mo bikin anak bangsanya bunuh diri semua xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
    liat dong tahun2 sebelumna,,,,hikhs,hiks,banyak korban kebinasaan UN TU…………..OIIIIIIIIIIII
    Jangan ngejajah siswa dong…………cape broooo di ja2h trus……….uhhhhhkkkkkkkkkkkk.menjajah bangsa sendiri,nti saya aduin lo ma bpk. soekarno……^^

  40. aii on

    ngentott lw..
    kg punya otag apa iiia..
    ato g emank dia tu pemerintah gx pernah sms..
    cuman masalh uan gini ajj..
    gw beserta satu sekolahan disumpahin ma guru..
    nyokap yg ngelahirin gw ajj gx pernah mpe kaya gitunya..
    taii lw semua..
    bangsatt!!!
    fuck lw goverment..
    bikin korupsi ajj..
    liatt donkk sekeliling lw..
    banyak calo” soall..

  41. aii on

    ngentott lw..
    kg punya otag apa iiia..
    ato g emank dia tu pemerintah gx pernah sma..
    cuman masalh uan gini ajj..
    gw beserta satu sekolahan disumpahin ma guru..
    nyokap yg ngelahirin gw ajj gx pernah mpe kaya gitunya..
    taii lw semua..
    bangsatt!!!
    fuck lw goverment..
    bikin korupsi ajj..
    liatt donkk sekeliling lw..
    banyak calo” soall..

  42. saktiawan sinaga on

    bangsat lo semua…
    emang otak lo dimana???
    mikirin apa sihhhh!!!
    jadilah diri sendiri, jgn meniru negara2 yg sdh maju, belum tentu mereka tu selalu benar dan hebat…
    TAIIII…!!!!
    mari belajar dari kekurangan untuk menjadi lebih baik, jgn dari keberhasilan negara yg sudah2, otomatis kalah lah qt..
    yupz gak..???

  43. saktiawan sinaga on

    kayaknya pemerintah sekarang mw bikin anak bangsaaatttttttttt di negara tercinta ini, yaitu indonesia yg sudah lama msh terjajah ampe skrg namun qt masih lum sadar juga…
    pemerintah jgn sok ngatur ma ngomong doank dunkk,,, emang enek ya klo jd pemerintah???
    pemerintah tolol,,, awas qt sbg generasi muda jgn ampe ketularan ya…

  44. saktiawan sinaga on

    tapi sa’ jane nyonk sadar…
    buat apa qt emosi dan marah, kalo comment qt gak bakal sampe di telinga pemerintah…
    wah2″…………….Pucing KpalaNe Enyong
    Kepriwek………..??????
    Halah Codara seBangsa SMA&SMK klaz3 tenang wae Brow…….Yakin ama Yang Ciptain Qta……….
    Enyong yakin DIA Bakal Bantuin Qta…….,,,,Asal Qta Mw Berusaha ama Berdoa
    Qta KibarKn Bendera Perang Ama UAN…..
    Qta Harus MENANG!!!!!!!!!!!!!!!! Ocley………..
    Pknye……Hadapin semua Dg Senyum…..Wekekeke….
    Ntu Ky’ LguNya DEWA…..
    KEEP on OUR SPIRIt……………MoVe On Right NOw…Jgn Lupe BLJAR BROW…

  45. dina on

    ujian nasional?
    CAPEk’ DECH…………………

  46. Pelajar Indonesia on

    Mau Un cuma buat jenjang korupsi aja!! Ingat standart peljaran indonesia masih jauh dari negara lain. Sadar 3 pelajaran aja banyk yg ndak lulus apalagi 6 pelajaran, mending yang menentukan lulusnya sekolah ini negara. Mana punya belas kasihan lagi kl kurang dari standart uda pasti ndak lulus

  47. no name on

    SAYA BUTUH JAWABAN MATEMATIKA TAHUN INI SAJA !!!!!!!!!!!!!!!!
    ITU SUDAH CUKUP MEMBANTU KOK?!
    SUMPAH !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  48. david ^.^ on

    kepada pemerintah yang terhormat………….
    trimakasih bgd y atas kebijakannya
    kami siswa -siswi SMA MARDI YUANA akan berusaha mati-matian untuk hadapi UAN hari selaasa .
    buat temen2 yg ikut UAN besok semangat y!!!!!!
    AND JGN LUPA BELAJAR…….BELAJAR DAN BELAJAR.
    qta srahin ja smua nya ma TUHAN YESUS KRISTUS
    CAYOOOOOOOOOOOOOOOOOO
    GOD BLESS YOU………..

  49. IPANG on

    UJIAN NASIONAL = AJANG KORUPSI = AJANG SO’-SO’AN PARA PEJABAT NEGARA YANG MUNAFIK, GOBLOK, GAK PUNYA OTAK..!!

    3 MATA PELAJARAN AJA UDH KALANG KABUT, APALAGE 6 MATA PELAJARAN..!! DASAR MENTRI PENDIDIKAN YANG TIDAK PUNYA PENDIDIKAN. GUOBBLOK..!!!

    NDAK PERNAH BELAJAR MATEMATIKA YA…MENGENAI PELUANG DAN STATISTIKA..??
    6 ITU LEBIH BANYAK DARI 3…!!
    3 AJA SUSAH APALAGI 6..!!
    GOBLOK!!TOLOL!!

    ANJING LOH MENDIKNAS..!!TAI!!

    MENDIKNAS:”KEJUJURAN LEBIH BERARTI DARI SEKEDAR NILAI YANG DIDAPAT SECARA TIDAK JUJUR..”

    JUJUR PANTAT LOE..!! EMANG KLO KITA G LULUS LOE MAU NANGGUNG KITA2 APA..!?! BISA JADI ORANG SUKSES APA..??!! LULUS SMA AJA KAGAK….!!
    BANDINGIN AMA NEGARA2 MAJU DI SANA..NYADAR DONG INDONESIA BARU BRAPA TAON SEH MERDEKA..!!

    GANTI TU MENDIKNAS ANJING!!BODOH!!GAK PERNAH SEKOLAH..!!

  50. SAAD on

    Fiuhhh….
    mataku lelah..
    otakku panas..
    hatiku begemuruh..

    entah kapan..
    negara ini berhenti dijajah..
    oleh orang2 berdasi dan berperut buncit itu..

    ,,

  51. AHMAD JUNAEDI AQIL on

    PEMERINTAH JANGAN JADIKAN UN SEBAGAI PENUTUP PINTU CITA-CITA PARA PELAJAR,JANGAN MEMIKIRKAN PRIBADI(UN DIJADIKAN AJANG POLITIK)RASA WAS-WAS DENGAN NILAI YANG FLEXIBEL BAGI PELAJAR.

  52. AJAT SUDRAJAT on

    salam sejahtera tuk mendiknas yang bijaksana seandainya sistem pendidikan dinegara kita seperti ini dengan adanya nilai yang harus 5,25 banyak sekali para pelajar mengalamkeputus asaan kami atas nama pelajar merasa tertekan dengan adanya sistim standar kelulusan itu,padahal skil siswa tidak di tentukan hanya dengan nilai tersebut serta ditentukan dengan tiga hari……..terima kasih.

  53. Desy Wulandari on

    bagaimana mungkin kita bisa kuliyah
    sekolah mahal
    barang – barang naik . . ah kita ber doa aja
    kita satu indonesia LULUS semua
    Amien>>
    al_fatikhah

  54. VaNdErZ on

    ah percuma walaupun bgitu ni negara ud susah berubah

  55. NeNuN on

    CiKoMeLAntit LO SMUA BEGO

  56. NeNuN on

    Percuma loe pada takut ujian nasional…. abis itu juga mesti kuliah lagi, pake ujian masuk juga. mana abis lulus kuliah ga ada yang bisa jamin dapet kerjaan bagus… pengen pinter makanya BELAJAR….. kalo ujian ujian Nasional aja kagak bisa gmana mau jadi orang… dasar MALES loe pada……🙂

  57. hezky on

    mooooonyet bgt sich….

    dah bego tambah bego dh gw…..

    sampai ktmu dh pemilu…..

    huuuuuufff….

  58. hawasi on

    wah gawat indonesia mau nyamai negara lain.kenapa si harus niru bangsa lain.biarin aja.kalau ujian nasional dtambah lagi 3 pelajaran,bisa gawat banget,banyak yang tidak lulus ujian.pasti banyak pengagguran di indonesian.pasti banyak banget.banyak yamg sedih,banyak yang nangis.cobalah berfikir,sekarang aja barang lagi naik semua.kebutuhan lagi pada naik.sekarang lagi ditambah 3 pelajaran lagi.udah susah dan apa kata dunia.
    duniaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: