SILATURAHMI DARI MA’HAD ALY BANGIL

Hari Sabtu17 Juli pagi, saya ditelpon kakak tingkat saya waktu di Ma’had Aly Manarul Islam Bangil dulu. Menanyakan apakah bisa silaturahmi ke Pondok Assalaam. Saat itu sudah mau berangkat ke Solo dan Jogya. Kalau mau silaturahmi tentu saja bisa. Langsung saya kontak bagian humas kalau mau ada tamu dari Bangil tempat saya dulu belajar di Ma’had Aly tersebut.

Rombongan dari Bangil sekitar 60 orang, satu bus. Terdiri sari ustadz saya yang mulia, Muammal Hamidi dan teman- teman akhi M ridwan, Munawir dan mahasantri Ma’had serta Jama’ah Masjid dan ibu-ibu. Rombongan tiba di Assalaam jam 17.00 kurang lebih. Wow betapa terharu saya bisa ketemu teman-teman dan tentu saja ustadzalkiram Muammal Hamidi yang sudah 15 tahunan tidak pernah bertemu sejak saya selesai dari ma’had Aly pada tahun 1991-an dulu.

Rombongan diterima oleh humas Assalaam dan langsung menuju lantai 2. Acara ramah tamah dimulai , dari rombongan di wakili langsung oleh ustdz Muammal, sedangkan dari Assalaam diwakili oleh Sekretaris  pondok ust. AR Sugeng. Kemudian dilanjutkan Shalat maghrib berjam’ah di masjid Assalaam, dan selepas itu berkeliling melihat-lihat aktifitas Assalaam. Rombongan meninngalkan Asslaam pada jam 19.00 untukmelanjutkan ke Pondok Ngruki. dan ke Jogyakarta.

Oh ya.. Saya nyantri di Ma’had Aly selama tiga tahun dan tamat pada tahun 1991. Ma’had ini merupakan Ma’had Aly (termasuk yang pertama). Lengkapnya adalah Ma’had Aly lil Fiqhi wa Da’wahMasjid Manarul Islam Bangil Pasuruan Jawa Timur. Mudirnya adalah Ustadz Muammal Hamidi,Lc.

1 comment so far

  1. khairul anam on

    Muaamal Hamidi lc tidak patut dibanggakan kemaren beberapa bulan yang lalu alumni madinah itu malu maluin ummat ketika debat terbuka di IAIN Sunan Ampel Surabaya dia ternyata keilmuannya tidak bisa dipertanggung jawabkan . kita jgan seperti itu


Leave a Reply

