Situs Buku2 Islam

sampul tafsirSitus buku Islam bahasa Arab

Saya sebenarnya ingin mencari materi pelajaran tafsir untuk pemula atau pelajar, terutama materi tafsir yang diajarkan di sekolah-sekolah Timur Tengah tingkat SD, sekolah menengah. Saya berharap menemukan materi-materi itu, sehingga dapat melihat apa materinya, bagaimana disajikan dalam bentuk buku pelajaran dst.

Terakhir, saya mencoba googling dengan berbagai keyword: مادة التفسير للمبتدئين،مقرر التفسير للثانوي dst,tapi tidak pernah menemukan yang saya cari. Kemudian saya mencoba mencari situsnya Departemen Pendidikan Saudi lewat key word : وزارة المعارف  , ternyata juga tidak menemukan. Wah susah sekali nampaknya. Alias sebenarnya tetap belum menemukan yang saya cari (mudah-mudahan suatu kali dapat).

Karena sudah terlanjurmasuk di situs Kementrian Pendidikan Saudi, ya baca-baca dikitlah,malah akhirnya menemukan beberapa link situs buku-buku Islam. Bagi yang sering mencari buku-buku Islam tentu pernah menjelajah situsnya. Link situs ini adalah: http://www.almaktba.com/ Banyak buku-buku Islam ditawarkan, dan diindex sesuai klasifikasi keilmuan Islam. Misalnya al Qur’an dan Tafsir, Alhadits dan Ilmunya, Fiqih dan Ushul Fiqh, Bahasa, Politik dan pemikiran Islami, perpustakaan ( syaikh Ibn Taimiyah, Utsaimin, ALbani, Ibn Qayyim dll), Wanita dan anak-anak, Kedokteran dan kesehatan, aqidah, akhlak dan lain-lain.

Kita dapat membaca resensinya,kemudian kalau tertarik silahkan mendownloadnya. Biasanya link yang disediakan untuk download diambil dari situs lain, misalnya situs: http://www.almeshkat.net/books/ dan http://tafsir.org/books/. Sebenarnya masih ada beberapa situs lain yangmemuat informasi kitab-kitab Islam ini.

Saya menyempatkan untuk mendowlod beberapa kitab tafsir terutama yang ringkas dengan model penafsiran tahlili atau maudhu’i, sehingga tidak terlalu banyak kalau diload ke word.

Saya juga sempat mendownload tafsir تفسير مراح لبيد ( التفسير المنير لمعالم التنزيل ) tafsir Mirah Labid (at tafsir al munir li ma’alim al tanzil) karya Syeikh Muhammad Nawawi al Jawi (salah seorang ulama Indonesia dari Banten, Jawa) yang terdiri dari beberap jilid.

Bagi yang tahu,mohon infonya buku-buku tafsir yang kecil-kecilan.

1 comment so far

  1. budi haryanto on

    saya sangat senang membaca tentang ajaran agama islam,karna membaca buku itu membuat saya lebih tau mana benar mana tidak,karna islam itu adalah agama yang di turunkan oleh ALLAH SWT melalui nabi besar Baginda Muhammad SAW ok


Leave a Reply

