Desa Istriku

ini desaIni pemandangan di desa istriku. Tepatnya di Tegalsari Weru Sukoharjo, ketika musim panen mulai tiba beberapa bulan yang lalu.
Awal pertama aku ke desa ini, pengairan sawahnya masih banyak mengandalkan sistem tadah hujan. Sehingga di musim kemarau banyak orang pergi kesawah tidak untuk menggarap sawah, tapi untuk membolak-balik bongkahan tanah sehingga nanti di musim awal hujan sudah siap mulai tanam. Itupun tidak memakai benih yang disemai tapi tanah dilobangi dengan tongkat kemudian gabah (benih padi) langsung dimasukkan ke lobang tadi kemudian ditutup dengan tanah. Begitulah cara bercocok tanamnya.
Bila sudah akhir panen, menjelang musim kemarau, sawah tadi ditanami kedelai, sehingga selesai panen padi masyarakat memanen kedelai. Karenanya hampir setiap tahun bisa menikmati kedelai rebus, sungguh enak dan gurih rasanya, bahkan di beberapa desa tetangga panen kedelai ini masih bisa didapatkan, bukan sekedar panen panen tetapi panen raya kedelai.
Miskipun ada irigasi dari waduk Gajah Mungkur tapi saat itu air rasanya masih sulit mengairi sawah di sekitar desa ini. Tetapi sekarang ini air irigasinya sangat lancar sehingga setiap tahun penduduk selalu panen padi, dan sekarang ini kedelai sudah sangat jarang didapat di desa ini.

3 comments so far

  1. faza on

    bagus

  2. dwi,gina n icha on

    mnrt kami hal2 yg diberitahui oleh situs ini sgt bagus dan menambah pengetahuan kami… jangan berhenti menuliskan tentang keadaan sawah di Indonesia… okeh…!!! 🙂

  3. KAPRAWI IMYUH on

    Terima kasih atas kunjungan ke email saya dan atas bantuannya semoga saja menjadi amal, saya pingin nulis tentang saya sekolah pengalaman hidup pengalaman menjadi guru dan sebagainya ,tolong di blog mana saya memulai ,kepada teman teman mohon saraan dan bimbingan trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: