KURIKULUM "COPY AND PASTE”

Penyusunan kurikulum untuk pendidikan dasar dan menengah saat ini tengah dipersiapkan oleh berbagai sekolah yang natinya akan diterapkan untuk tahun pelajaran 2007/2008. Ini sebagai konsekuensi diterapkanya kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dimana kurikulum disusun oleh warga sekolah dengan mengacu pada standarisasi isi kurikulum yang ditetapkan oleh badan nasional standarisasi pendidikan. Idealnya sekolah menyusun dokumentasi kurikulumnya secara mandiri disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kesiapan sekolah bersangkutan, sehingga kurikulum ini menjadi sangat khas dengan sekolah bersangkutan, namun sekolah memang diberikan kelonggaran untuk menyusun KTSP bersama-sama dengan sekolah lain. Dan ini yang paling banyak diadopsi oleh berbagai sekolah .
konkretnya, bila sudah ada silabus dan rpp dari satu sekolah, dari manapun didapat, akan secara langsung diadopsi oleh sekolah lain, tinggal melakukan “copy paste” maka kurikulum adopsi itu akan menjadi kurikulum sekolah tersebut. Bahkan bisa jadi contoh yang diberikan oleh pemerintah, langsung dicopy,padahal sebenarnya tentu masih perlu disesuaiakan dengan karakteristik sekolah bersangkutan dan kebijakan daerah dimana sekolah berada .

Maka sebenarnya,pendidiakan kita dengan berbagai perubahan kurikulum itu hampir tidak pernah beranjak dari tempat. Ditingkat lapangan sebagai pelaksana kurikulum, gurupun cenderung memakai cara lama dalam mengajar, miskipun di dalam silabus yang diadopsi ditulis berbagai macam model kegiatan belajar yang harus dilalui siswa. miskipun untuk beberapa sekolah sudah lebih maju, tapi barangkali ini hanya suatu kasus dari sekian ribu sekolah yang ada. Nah bagaimana dengan nasib ribuan sekolah ini.
Begitu pula dengan laporan hasil pendidikan, hampir bisa dipastikan semua sekolah mengadopsi model format laporan hasil pendidikan yang sama. Maka agak kurang bisa dilihat yang menjadi keunikan dan kekhasan KTSP ini dari sekolah bersangkutan.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: