KAJIAN AGAMA PERPEKTIF SOSIAL

Kajian agama dalam perpektif sosial tentu berbeda dengan kajian agama
dalam perpektif agama itu sendiri. Kajian agama (baca Islam) selama ini
telah memiliki ilmunya yang mapan. Misalnya bidang Kepercayaan/Aqidah/Tauhid,
bidang Ibadah murni yang menyangkut hubungan manusia dengan Allah maupun hubungan sesama makhluk, bidang tafsir, bidang hadits, bidang sejarah Islam, bidang tasawuf Islam dengan sgala macam varean aliran pemikiran yang berkembang dalam islam. Kajian ini lebih melihat dari dalam, yang mengkaji terlibat secara emosi dengan Islam, ia sebagai insider.

Berbeda dengan kajian Islam dari sisi sosial, yang lebih melihat fenomena Islam dalam tataranĀ  fenomena yang terjadi masyarakat. Kajian ini tidak terlalu menjelaskan detail islam sebagai ajaran yangharus diikuti,Kajian ini lebih menitikberatkan pada pemberian penjelasan menganai fenomena keagamaan yang terjadi dimasyarakat.
Beberapa kajian sosial keagamaan misalnya; Islam dengan fenomena sosial (kebebasan, konflik, kekerasan, kegelisahan,kenakalan remaja)
Islam dengan politi (konlik horisontal, demokrasi, money politik, etika politik, militer).Islam dengan ekonomi (kesenjangan, kemiskinan, globalisasi, industri).

Islam dengan hukum (ketidak adilan, kekerasan , hak asasi,) Islam sebagai sebuah fenomene keberagamaan (pluralisme, formalisme, fundamentalisme,
radikalisme, liberalisme, mistikisme, spiritualisme)

Bahkan secara umum, agama dalam fenomena sosial seringkali agama dipersepsi sebagai (candu sosial, pelarian dari realita, alat politik kekuasaan, penghambat kebebasan berpikir, anti modernitas dan perubahan, keluh kesahkesalahan, legitimasi kekeran dll)
Dalam fenomena sosial, tidak mempertanyakan kebenaran agama sebagai sebuah ajaran yang harus diikuti, tapi menjelaskan pengaruh agama yang terjadi di masyarakat. maka kajiannya sangat terlihat berbeda dengan agama sebagai sebuha ajaran.
Maka kajian ini meletakkan peneliti sebagai outsider dari agama.

About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: